Pikiran Rakyat
USD Jual 14.240,00 Beli 13.940,00 | Sedikit awan, 23.6 ° C

Daud Husain Ketua Umum ISSI Jabar 2018-2022

Arif Budi Kristanto

BANDUNG, (PR).- Daud Husain terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Jawa Barat masa bakti 2018-2022. Daud terpilih setelah mengungguli Andre Y. Mochtar melalui pemungutan suara pada Musyawaran Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub) ISSI Jabar di Hotel Grand Pasific, Jalan Pasir Kaliki, Kota Bandung, Minggu 9 Desember 2018.

Musorprovlub dihadiri utusan dari 22 pengurus cabang kabupaten kota ISSI di Jabar yang juga merupakan pemegang hak suara. Keberadaa dua kandidat ketua umum membuat pemilihan dilakukan melalui pemungutan suara.

Hasilnya, Daud yang merupakan Sekretaris Umum Pengcab ISSI Kota Bekasi mendapatkan 11 suara. Dia hanya menang tipis satu suara dari Sekum ISSI Kabupaten Sumedang Andre yang meraih 10 suara. Satu suara dinyatakan tidak sah.

"Ini bukan kemenangan Daud, atau kekalahan sahabat saya Andre. Ini adalah kemenangan ISSI Jabar setelah sekian lama terbengkalai karena konflik akibat ego masing-masing. Sekarang menjadi awal momentum bersama untuk bangkit demi kemajuan ISSI Jabar," kata Daud seusai terpilih. 

Dia menilai, konflik dan dan kondisi vakum kepemimpinan yang berkepanjangan di tubuh ISSI Jabar telah membuat roda organisasi tak berjalan optimal. Daud Husain berharap, keterpilihan dirinya sebagai pemimpin dan kepengurusan baru yang akan disusun nantinya akan mampu membawa perubahan besar, terutama menjaga eksistensi Jabar dengan prestasi besarnya di dunia sepak bola nasional.

"Konsolidasi organisasi akan jadi prioritas. Saya akan mengakomodasi semua pengcab dalam kepengurusan ISSI Jabar secara profesional dan seusai kemampuan. 

Sesuai keputusan sidang, Ketua Umum Pengprov ISSI Jabar terpilih memiliki wewenang untuk memilih personel tim formatur yang membantunya menyusun kepengurusan. Personel tersebut terdiri dari dua orang dari perwakilan pengcab ISSI Jabar dan dua orang dari perwakilan pengurus lama yakni caretaker.

Untuk perwakilan dari pengcab, Daud memilih Eri Ahmad dari Pengcab ISSI Kota Bandung dan Humaidi dari Pengcab ISSI Kabupaten Bekasi. Sementara itu, Jadi Rajagukguk dan Dede Iman Nurgana dipilih sebagai anggota tim formatur mewakili tim caretaker.

"Secepatnya kepengurusan akan disusun dan kita harus bergerak cepat. Sudah banyak agenda besar menunggu, mulai dari pelatda, BK PON, dan tentu saja PON. Jabar adalah juara umum sepeda 3 edisi PON beruntun dan kita merupakan barometer prestasi olah raga sepeda nasional. Itu harus dipertahankan," ujar Daud Husain. 

Sekjen PB ISSI yang menjadi pimpinan sidang, Jadi Rajagukguk mengatakan, keterpilihan dengan selisih suara tipis menjadi sesuatu yang sangat langka terjadi pada proses pemilihan Ketua Umum Pengprov ISSI Jabar. Meskipun persaingan ketat pada saat Musprovlub, pemilihan Ketua Umum Pengprov ISSI Jabar berlangsung secara damain dan lancar  melalui mekanisme demokratis.

"Kedua calon menerima hasil pemungutan suara dengan lapang dada dan  berkomitmen bersama membangun pembinaan prestasi olah raga sepeda di Jabar lebih baik ke depan. Ini jadi proses pemilihan yang sangat demokratis. Kalau di provinsi lain biasanya aklamasi (calon tunggal) atau salah satu ada yang mundur," kata Jadi. 

Secara khusus, pihaknya mengapresiasi Andre Y. Mochtar bersama pendukungnya yang menerima legawa akan hasil yang diraih. Jadi menegaskan, hasil ini bukan sebuah kekalahan bagi satu pihak tapi menjadi kemenangan bersama untuk membangun ISSI Jabar lebih baik ke depan.

"Yang menang, jangan sombong dan terus jaga komitmen yang diungkapkan serta rangkul semua kepentingan pengcab secara adil dan proporsional. Ini baru langkah awal, karena ada tantangan ke depan yang berat salah satu yang terdekat yakni persiapan PON XX. Oleh karena itu, pembentukan kepengurusan diharapkan rampung paling lambat setelah 30 hari ke depan setelah Musprovlub ini," ujarnya.***

Bagikan: