Pikiran Rakyat
USD Jual 14.365,00 Beli 14.065,00 | Umumnya cerah, 21.2 ° C

Pengprov POBSI Jabar Segera Tetapkan Tim Pelatda

Miradin Syahbana Rizky

BANDUNG, (PR).- Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Bilyard Seluruh Indonesia (POBSI) Jawa Barat akan menetapkan tim pelatda. Penetapan tim itu dilakukan untuk menghadapi babak kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2019 mendatang.

"Untuk babak kualifikasi, kita akan lakukan seleksi melalui pelatda dan mereka akan kita targetkan sampai ke PON XX tahun 2020 di Papua," Ketua Umum POBSI Jawa Barat, Rudi Rudolfus Y. B. Kadarisman di Kota Bandung, Kamis 6 Desember 2018.

Selain mengikut sertakan atlet eks PON XIX/2016, pihaknya juga akan memprioritaskan para atlet yang sudah mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Junior dan Senior tahun 2018 untuk mengikuti seleksi. 

"Selain dari atlet daerah yang memiliki potensi, lalu eks PON, kita juga akan lakukan seleksi dari yang hadir pada Kejurnas kemarin dan atlet yang ikut pada Kejurnas kemarin itu ada sebanyak 18 atlet, kita akan seleksi mereka," katanya. 

Sedangkan jumlah atlet yang akan diambil untuk tim pelatda nanti, pihaknya mengaku akan menyesuaikan dengan nomor yang dipertandingkan di PON XX/2020 Papua, yakni sekitar 13 nomor. 

"Jadi yang jumlahnya hampir 22 lebih itu nanti kita akan seleksi menjadi sekitar 13 atlet, karena untuk nomor PON sendiri ada 13," ucapnya. 

Sebelumnya Pelatih Tim Jawa Barat pada Kejurnas Junior dan Senior tahun 2018, Edward Lumbantoruan mengatakan jika pihaknya akan turut mengandalkan para atlet yang pernah berhasil mendapat medali di PON XIX/2016. 

"Di PON XIX/2016 kita kan mendapat medali 3 emas, 3 perak dan 5 perunggu, itu juga yang akan menjadi andalan kita di PON 2020, tapi tidak tertutup kemungkinan ada pemain baru hasil dari Porda XIII/2018 di Kabupaten Bogor yang akan ikut serta di tim Jawa Barat nanti," kata Edward. 

Ia mengaku tidak menjanjikan semua bisa kembali terpilih, namun pihaknya mengaku akan terus menguji para atlet bilyard Jawa Barat pada saat melaksanakan pelatda menuju BK PON XX. Adapun pelaksanaan BK khusus untuk cabor bilyard diperkirakan akan dimulai sekitar bulan Juli sampai Agustus 2019. 

"Mereka akan kita uji dari mulai pelatda menuju BK, karena ada satu sampai dua orang atlet muda yang menanjak juga. Jadi kita lihat apa mereka sudah layak main di BK PON atau tidak, masih kita uji dan ikuti perkembangannya hingga enam bulan kedepan," tuturnya.***

Bagikan: