Pikiran Rakyat
USD Jual 14.243,00 Beli 13.943,00 | Hujan petir singkat, 22.6 ° C

PPLPD Karate Kota Bandung Sabet 7 Emas di Malaysia

Arif Budi Kristanto
BANDUNG,(PR).- Tim Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) Karate Kota Bandung berhasil meraih 7 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu pada kejuaraan ‘5th International Open Karate Championship-KL Mayor’s Cup’ yang digelar di Titiwangsa Indoor Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu 1 Desember 2018 sampai Minggu 2 Desember 2018 malam. Dengan pencapaian tersebut tm PPLPD Karate Kota Bandung bercokol di peringkat lima kejuaraan tingkat internasional tersebut.

Di antara 33 tim peserta dari banyak negara Asia, perolehan medali tim PPLPD Kota Bandung hanya kalah tipis dari klub-klub asal tuan rumah Malaysia dan Uzbekistan. Peringkat pertama diraih oleh tim Hayashi Kuala Lumpur dengan 9 medali emas, 7 perak, 6 perunggu diikuti Persatuan Karate W.P Labuan (Malaysia) dengan 8 emas, 10 perak, dan 8 perunggu. Posisi ketiga diraih Bushido Karate Club Malaysia dengan 8 emas, 7 perak, 8 perunggu, diikuti peringkat 4 Karate Federation od Samarkand Region asal Uzbekistan dengan 8 emas, 7 perak, dan 4 perunggu.

Tiga dari tujuh medali emas bagi tim PPLPD Karate Kota Bandung disumbangkan Karina Aprilia yang menjuarai nomor kata perorangan junior putri, Faisal Bayu Maulana pada nomor kumite -68 kg junior putra, lalu Najla Azzahra pada nomor kumite -54 kg kadet putri.

Medali emas kemudian diraih pada kategori pemula (12-13 tahun) putri melalui Vanny Azzahra untuk nomor kata perorangan putri, Nika Rahanat pada nomor kumite +42 kg putri, dan Alfia Hana Huwaida di nomor kumite -42 kg putri. Medali emas pamungkas untuk PPLPD Karate Kota Bandung diraih pada nomor kumite beregu kadet putra.

PPLPD Kota Bandung sebenarnya punya peluang meraih medali emas dari nomor kumite -61 kg junior putra. Sayangnya, Katuta Barera harus puas dengan medali perak setelah kalah dari karateka asal Inkai Kota Bogor, Bambang Gunawan Yandri F dengan skor 1-6 pada laga final. Smentara itu, medali perunggu PPLPD Kota Bandung disumbangkan M. Jilan Satria dari nomor kumite -50 kg pemula putra.

Penanggungjawab PPLPD Karate Kota Bandung Gaos Darmawan mengaku cukup puas dengan pencapaian karateka pelajar PPLPD Kota Bandung pada kejuaraan tersebut. Menurut dia, apa yang diraih sudah melebihi target awal, yakni untuk menguji hasil latihan yang dilakukan selama ini.

"Ternyata para atlet mampu tampil prima, bahkan berhasil meraih posisi lima kejuaraan. Ini pencapaian yang cukup luar biasa karena baru pertama kali kami beruji coba pada ajang kejuaraan tingkat internasional," kata Gaos di Bandung, Senin 3 Desember 2018.

Dia melanjutkan, dari total 10 atlet karate yang dikirim mengikuti kejuaraan tersebut, hanya seorang atlet yang gagal memboyong medali ke tanah air.

Kendati mengapresiasi pencapaian, Gaos menilai masih ada sejumlah hal yang perlu dievaluasi dari performa para atlet pada kejuaraan di Malaysia tersebut. Menurut dia, beberapa atlet masih tampil kurang maksimal sesuai potensi seperti yang ditunjukkan selama latihan.

"Tapi mungkin karena ini pertandingan internasional pertama yang mereka ikuti, jadi faktor gugup itu ada. Kondisi atlet juga tidak 100 persen prima akibat keberangkatan yang mepet," kata Gaos.

Menurut dia, segala bahan evalauasi akan ditindaklanjuti. Pasalnya, sejumlah kejuaraan dengan level lebih tinggi sudah menunggu, di antarnaya adalah Kejurnas Piala Mendagri yang menjadi ajang seleksi untuk kejuaraan AKF Junior/Cadet di Kuching, Malaysia, dan kejuaraan WKF Karate-1 Premier League di Moskow, Rusia.

"Kami harap pencapaian di Malaysia ini akan menjadi bahan evaluasi yang baik bagi pembinaan atlet," ujarnya.***
Bagikan: