Pikiran Rakyat
USD Jual 14.325,00 Beli 14.025,00 | Umumnya berawan, 28.7 ° C

Ganti Venue, Cabor Senam Porda Jabar 2018 Gunakan Sport Hall UPI

Miradin Syahbana Rizky
MANAGER tim peserta Poda XIII/2018 Jabar berfoto bersama usai mengikuti manager meeting di Hotel Travelo, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Selasa 25 September 2018.*
MANAGER tim peserta Poda XIII/2018 Jabar berfoto bersama usai mengikuti manager meeting di Hotel Travelo, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Selasa 25 September 2018.*

BANDUNG, (PR).- Cabang olahraga senam memutuskan untuk mengganti venue pertandingan pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Jawa Barat 2018, Oktober mendatang. Technical Delegate (TD) cabor senam pada Porda XIII/2018, Arif Wahyudi mengatakan Sport Hall UPI akan dijadikan satu-satunya venue pertandingan cabor senam.

Arif menambahkan, sebelum menunjuk Sport Hall UPI, pihaknya sempat akan menggunakan GOR Gymnasium di Arcamanik, Kota Bandung. Menurut dia, ada beberapa faktor pihaknya memindahkan veneu pertandingan.

"Adapun tempat pelaksanaan pertandingan cabor senam pada Porda XIII ini akan berlangsung di Sport Hall Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jalan Setiabudhi, Kota Bandung. Kita memindahkannya dari sebelumnya memutuskan untuk menggunakam GOR Gymnasium Arcamanik," ucap Arif di Bandung, Selasa 25 September 2018.

Arif mengungkapkan, alasan digunakannya Sport Hall UPI sebagai venue pertandingan cabor senam karena tempat tersebut dirasa lebih representatif untuk digunakan sebagai tempat bertandingnya para atlet senam. Dengan begitu, penggunaan venue bekas PON XIX Jabar di Arcamanik dibatalkan.

"Memang pada saat babak kualifikasi (BK) cabang olahraga senam telah menggunakan salah satu venue eks Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat tepatnya di Arcamanik. Tapi setelah di evaluasi kita jadinya berpindah tempat mengingat disana akan menjadi salah satu tempat bertandingnya cabang olahraga sepatu roda, dikhawatirkan mobilitas kita nanti akan terhambat. Maka dari itu kita pindah, " katanya

Telah menetapkan tempat dan waktu pelaksanaan, menurutnya Panpel tinggal menyelesaikan MoU bersama beberapa pihak. Diantaranya, Dispora dan UPI. 

"Kita tinggal melakukan penandatanganan Mou saja bersama pihak UPI sebagai pemilik venue, lalu Dispora karena kita akan menggunakan peralatan senam yang ada disana," tuturnya.

Dia menambahkan, Untuk menjelaskan bagaimana Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Jawa Barat tahun 2018 digelar, Panitia Pelaksana (Panpel) Porda XIII cabang olahraga (cabor) senam mulai menggelar Manager Meeting yang dilaksanakan di Hotel Travelo, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Selasa 25 September 2018.

Dalam acara manager meeting ini, Panitia Pelaksana cabor senam telah menjelaskan beberapa hal kepada seluruh kabupaten/kota yang nantinya akan menjadi peserta di Porda XIII/2018. Diantaranya mengenai waktu dan tempat pertandingan, persyaratan peserta serta aturan-aturan yang sudah disepakati bersama. 

"Sebenarnya yang dibahas dalam Manager Meeting itu baru peraturan secara umum, sednagkan teknisnya akan dibahas melalui Technical Meeting (TM) sebelum dilaksanakannya pertandingan," ungkap Technical Delegate (TD) cabor senam pada Porda XIII/2018, Arif Wahyudi disela kegiatan Manager Meeting. 

Menjelaskan sebelum Technical Hand Book (THB) diberikan, menurutnya panpel merasa perlu untuk menjelaskan peraturan yang akan diberlakukan di Porda XIII cabor senam, mengingat Porda XIII akan dilaksanakan kurang dari 2 minggu lagi. 

"Kenapa kita laksanakan Manager Meeting sedangkan THB belum keluar? Itu karena jadwal pertandingan Porda XIII sudah sangat dekat. Sedangkan para peserta (Kontingen) butuh kejelasan dan kepastian karena pada saat awal itu ada beberapa informasi yang belum tersampaikan, salah satunya mengenai tempat bertandingnya cabor senam," tuturnya.***

Bagikan: