Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 20.4 ° C

Penyaringan Calon Ketua Umum KONI Jabar Diharapkan Independen

Miradin Syahbana Rizky

BANDUNG, (PR).- Agar dapat menjaga prestasi Jabar juara pada PON 2020 di Papua, Pengprov Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Jabar mendorong tim penjaringan agar dapat bekerja independen dalam menyaring calon ketua umum  KONI Jabar masa bakti 2018-2022.

Ketua Umum Pengprov FAJI Jabar Muhamadiya Syaiful Bima mengatakan pencapaian Jabar juara pada PON XIX 2016 harus mampu dipertahankan pada 2020 oleh KONI Jabar periode 2018-2022.

"Semoga tim penyaringan dan penjaringan calon ketua umum KONI Jabar mampu bekerja independen untuk bisa mempertahankan Jabar juara di PON Papua 2020. Kami yakin teman-teman yang mendapatkan mandat ini akan mampu bekerja secara profesional serta independen," ucap Bima yang ditemui di Sekretariat FAJI Jabar, Jalan Fisioterapi, Kota Bandung, Jumat, 7 September 2018.

Selain itu, kata Bima, tim penyaringan dan penjaringan mampu menampung seluruh aspirasi anggota KONI Jabar tanpa terkecuali. Pasalnya, calon ketua umum yang didaftarkan harus mencerminkan suara anggota KONI Jabar.

"Siapapun yang mendaftarkan atau didaftarkan dari anggota KONI baik unsur cabor atau KONI daerah bisa ditampung dengan baik oleh tim penjaringan. Insya Allah jika semuanya berjalan baik Jabar menatap optimis pada PON 2020," ujarnya.

Bima menambahkan, dalam proses pencalonan nanti pihaknya berharap semua menjunjung tinggi nilai sportivitas. Menurut dia, jangan sampai olahraga menjadi alat politisasi oleh pihak-pihak tertentu.

"Saya mewakili FAJI berharap olahraga tidak boleh dipolitisasi oleh siapapun. Olahraga harus menjunjung tinggi nilai sportivitas yang selalu dikedepankan," katanya.

Menurut dia, pemilihan ketua umum KONI Jabar periode 2018-2022 akan menjadi wajah olahraga Jawa Barat untuk empat tahun kedepan. Bima mengungkapkan, jangan sampai prestasi yang sudah dibangun saat ini tidak bisa dilanjutkan atau bahkan cenderung menurun oleh Ketua Umum  KONI Jabar terpilih.

"Tantangan dan tugas KONI Jabar kedepan tentunya tidak mudah. Semua prestasi yang sudah diraih tentunya bisa dipertahankan bahkan harus bisa lebih pencapaiannya. Jadi KONI Jabar ini harus dipimpin oleh orang yang benar-benar ingin memajukan olahraga di Jabar," tuturnya.

Apresiasi hasil RAT



Tak lupa, Bima mengapresiasi rapat akhir tahun (RAT) KONI Jabar pada beberapa waktu lalu. Menurut dia, KONI Jabar sudah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik seusai dengan perundang-undangan olahraga.

"Kami menyikapi dengan positif hasil RAT kemarin bahwa KONI Jabar sudah melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik. Apalagi, saat RAT KONI Jabar menggelar penandatanganan kerja sama dengan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat pada bidang perdata dan tata usaha negara. Tidak hanya di tingkat Jabar, kerja sama juga dilakukan di antara 27 KONI kabupaten kota dengan 25 kejaksaan negeri kabupaten kota di Jabar," katanya.***

Bagikan: