Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 22.8 ° C

Jepang Sapu Bersih Medali Emas Triatlon Asian Games 2018, Indonesia Peringkat 9

Siska Nirmala (error)

PALEMBANG, (PR).- Jepang mununjukkan dominasi di cabang olahraga triatlon Asian Games 2018, lewat kemenangan di nomor tim campuran (mixed relay triatlon) pada pertandingan di Jakabaring Sport City, Palembang, Minggu, 2 September 2018.

Jepang berada di ranking pertama dengan catatan waktu 1 jam 30 menit 39 detik. Peraih medali perak adalah tim Korea Selatan dengan selisih 2,12 menit lebih lama, sedangkan perunggu didapatkan oleh tim Hongkong dengan selisih 2,25 menit.

Dengan kemenangan hari ini, kontingen dari negara matahari terbit itu menyapu bersih seluruh medali emas di tiga nomor cabang olahraga triatlon Asian Games 2018. Jepang menurunkan atlet terbaik, antara lain Yuka Sato, Jumpei Furuya, Yuko Takahashi, dan Yuichi Hosoda. 

Sebelumnya, dua atlet dari Jepang telah meraih medali emas Asian Games 2018. Yuko Takahashi memenangi emas triatlon elit putri pada pertandingan hari pertama, dan Jumpei Furuya baru saja menang medali emas triatlon elit putra pada Sabtu, 1 September 2018.

Nomor mixed relay triatlon baru pertama kali ini dipertandingkan di Asian Games 2018. Satu tim terdiri atas empat atlet. Mereka bergantian berenang sejauh 300 meter, bersepeda 6,7 kilometer (km), dan diakhiri dengan berlari sejauh 2,1 km.

Jepang mencapai finis lewat pemimpin tim, Yuichi Hosoda. Ia finis dengan catatan waktu tim mencapai 1 jam 30 menit dan 39 detik, jauh meninggalkan atlet di peringkat dua dengan perbedaan waktu 2 menit 12 detik. 

"Saya tidak perlu berusaha keras, kawan-kawan saya sebelumnya sudah tampil sangat baik. Perbedaan waktu lebih dari dua menit itu sangat jauh untuk dikejar oleh atlet lain," kata Yuichi Hosoda usai pertandingan.

Jumpe Furuya menambahkan, ia sebenarnya merasakan kelelahan karena sehari sebelumnya mengikuti pertandingan nomor triatlon elit putra yang dimenangkannya. Ia merasa keletihan badannya bisa dikalahkan dengan kekuatan mental, karena membela Jepang di Asian Games 2018 adalah sebuah kebanggaan bagi seorang atlet.

"Tentu saja saya lelah sehabis pertandingan kemarin, tapi mental saya bisa mengalahkannya untuk memenangkan pertandingan hari ini," kata Furuya.

Sementara itu, tim Indonesia berada di ranking ke-9 dari 13 tim yang ikut bertanding. Indonesia mencatatkan waktu 1 jam 44,01 menit atau 13,22 menit lebih lama dari peringkat pertama.***

Bagikan: