Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 21.6 ° C

Indonesia Serahkan Tongkat Estafet Asian Games kepada Tiongkok

Yusuf Wijanarko

JAKARTA (PR).- Indonesia menyerahkan tiga warisan Asian Games kepada delegasi Tiongkok pada upcara penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 2 September 2018 malam.

Warisan yang diberikan tersebut berupa obor Asian Games pertama, bendera Asian Games pertama, serta pengembalian bendera Olympic Council of Asia (Dewan Olimpiade Asia).

Pada kesempatan itu, Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyerahkan obor Asian Games pertama, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyerahkan bendera Asian Games pertama, dan Wakil Ketua Pengarah Inasgoc Puan Maharani mengembalikan bendera Olympic Council of Asia.

Benda tersebut  diserahkan kepada Presiden Dewan Olimpiade Asia Syeikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah dan kemudian diteruskan kepada dua perwakilan delegasi Tiongkok yaitu Wali Kota Hangzhou Xu Liyi dan Ketua Hangzhou Asian Games Organizing Committee.

 "Hangzhou, kota kelahiran saya, tempat yang indah," kata Jack Ma yang diiringi sambutan tepuk tangan meriah penonton.

Dalam kesempatan itu, Jack Ma hadir sebagai perwakilan Tiongkok yang akan menjadi penyelenggara Asian Games 2022 di Hangzhou.

Sebelum Jack Ma tampil, penampil dari Tiongkok mementaskan pertunjukan tari dan musik tradisional yang dibalut nuansa kontemporer pada acara penutupan Asian Games 2018.

Pertunjukan dimulai dengan nyanyian seorang gadis kecil yang tengah duduk di tengah bunga teratai. Dengan bantuan teknologi tiga dimensi, bunga teratai beserta gadis kecil itu terlihat melayang dari kejauhan.

Tidak lama, para penari berbaju tradisional pun tampil. Tarian yang dipentaskan terlihat seperti refleksi keindahan alam Kota Hangzhou, Tiongkok. Selepas sesi tarian berakhir, Jack Ma tampil dan memperkenalkan kota kelahirannya, Hangzhou

Jack Ma, pengusaha yang masuk daftar 10 orang terkaya versi Majalah Forbes itu tiba di Indonesia sejak Jumat 31 Agustus 2018.

Ia sempat menonton pertandingan final sepak bola putri Asian Games 2018 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.***

Bagikan: