Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Sebagian berawan, 20.4 ° C

Beregu Campuran Triatlon Jadi Pertandingan Penutup Asian Games 2018

Siska Nirmala (error)

JAKARTA, (PR).- Perlombaan nomor beregu campuran cabang triatlon akan menjadi penutup perjuangan pada jawara-jawara olahraga tingkat Asia dalam pesta multi-cabang tertinggi di benua itu sejak 18 Agustus.

Seperti dilansir Kantor Berita Antara, penyelenggaraan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta, Palembang Sumatera Selatan, serta Jawa Barat dan Banten itu, akan mengakhiri kompetisinya di komplek olahraga Jakabaring, Palembang, Minggu, 2 September 2018.

Sebanyak 13 negara, termasuk tuan rumah kontingen Merah-Putih, akan saling berlomba menjadi peserta terkuat pada cabang olahraga yang melombakan tiga olahraga terukur sekaligus yaitu renang, bersepeda, dan lari.

Kontingen Jepang akan menjadi peserta unggulan pada cabang triatlon menyusul perolehan total lima medali emas, lima medali perak, serta satu medali perunggu sepanjang penyelenggaraan Asian Games pada 2006, 2010, dan 2014.

Pada perlombaan nomor perorangan putra pada Sabtu, 1 September 2018, dan perorangan putri pada Jumat, 31 Agustus 2018, atlet Negeri Sakura itu telah membuktikan keunggulan mereka pada cabang triatlon.

Adalah Yuko Takahashi yang merebut medali emas nomor perorangan putri dengan total waktu satu jam 59 menit, 29 detik yang disusul atlet China Zhong Mengying (2:01:16) yang merebut medali perak, dan atlet Makau Hoi Long (2:01:28) yang merebut perunggu.

Pada nomor perorangan putra, Jumpei Furuya membukukan waktu satu jam 49 menit dan 43 detik sehingga menempatkannya sebagai juara dan peraih medali emas. Atlet Kazakhstan Ayan Beisenbayev merebut medali perak (1:50:38) dan atlet China Li Mingxu meraih medali perunggu (1:50:49).

Baik Yuko ataupun Jumpei akan kembali memperkuat tim Jepang pada nomor beregu campuran pada perlombaan Minggu. Mereka akan diperkuat oleh Yuka Sato dan Yuichi Hosoda yang menjadi satu tim.

Demikian pula tim Tiongkok. Li Mingxu dan Zhong Mengying akan tetap masuk dalam tim beregu campuran triatlon Negeri Panda itu bersama Zhang Yi dan Liu Chen yang menjadi ancaman bagi tim Jepang.

Namun, tim Kazakhstan yang menempati posisi ketiga cabang triatlon sepanjang Asian Games tidak turun pada nomor beregu campuran Asian Games 2018.

Atlet Triatlon Indonesia



Tim Indonesia Empat atlet triatlon nomor beregu campuran juga akan menutup rangkaian perjuangan kontingen Merah-Putih dalam penyelenggaraan Asian Games ke-18 itu.

Kehadiran tim Indonesia pada cabang triatlon itu menjadi keikutsertaan pertama sepanjang Asian Games.

Empat atlet triatlon Indonesia yang akan berlomba pada Minggu di komplek olahraga Jakabaring itu adalah Jauhari Johan, Andi Gumilang Lawello, Ashita Aulia Azzahra, dan Eva Desiana.

Mereka adalah atlet-atlet yang turun khusus pada nomor beregu campuran dan tidak turun pada nomor perorangan putra ataupun perorangan putri.

Sebelumnya pada nomor perorangan putra, Muhammad Ahlul Firman menempati peringkat 15 pada perlombaan triatlon Asian Games 2018. Sedangkan Andi Ameera Sayaka Cakravastia menempat peringkat 17 nomor perorangan putri.

Penutupan Pesta multi-cabang olahraga terbesar di Asia itu pun harus selesai manakala peserta-peserta terakhir beregu campuran triatlon telah memasuki garis finis. 

Adapun pesta penutupan akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, pada pukul 19.00 WIB, Minggu.

Upacara penutupan Asian Games ke-18 akan lebih menekankan aspek selebrasi Asia dibanding penampilan budaya Indonesia sebagaimana upacara pembukaan pada Sabtu, 18 Agustus 2018 lalu.*

Bagikan: