Pikiran Rakyat
USD Jual 14.365,00 Beli 14.065,00 | Umumnya cerah, 21.2 ° C

Catat Sejarah, Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF U-16

Siska Nirmala Puspitasari

SIDOARJO, (PR).- Timnas Indonesia U-16 berhasil mencatatkan sejarah dengan menyabet gelar juara Piala AFF U-16 untuk pertama kalinya. Ini setelah mereka membungkam Thailand 5-4 (1-1) di Stadion Delta Sidoarjo, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Indonesia unggul lebih dulu melalui Fajar Faturachman pada menit ke-33. Keunggulan 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Indonesia dan Thailand sama-sama bermain agresif. Berbagai peluang emas berhasil diciptakan Indonesia dan nyaris menggandakan keuanggulan, sayangnya justru Thailand yang mencuri kesempatan dengan mencetak gol penyeimbang di menit ke-73.

Di sisa waktu 7 menit sebelum waktu normal pertandingan usai, Apidet Janngam menjebol gawang Indonesia memanfaatkan umpan silang. Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal usai, hingga pertandingan harus diselesaikan dengan adu penalti.

Kiper Timnas U-16 Ernando Ari Sutaryadi berhasil menjalankan perannya dengan sangat gemilang pada drama adu penalti. Ia berhasil menghalau dua dari tiga tendangan penalti Timnas Thailand. Sementara empat eksekutor penalti Indonesia dengan sukses berhasil menjaringkan bola, yakni Sutan Diego Armando Zico, Bagus Kahfi, Rendy Juliansah,  dan David Maulana. Kemenangan Indonesia disabut penuh haru oleh gemuruh suporter yang memenuhi stadion.

Menilik ke belakang, perjalanan Timnas Indonesia U-16 di ajang ini mereka tampil sangat impresif. Di fase grup, mereka tak terkalahkan.

Laga pembuka melawan Filipina, Garuda Asia langsung tancap gas dengan menghancurkan Filipina 8-0, lalu kedua mengalahkan Myanmar 2-1, Vietnam dengan skor 4-2, Timor Leste 3-0 dan Kamboja 4-0.

Laga semifinal, Garuda Asia bertemu Malaysia. Lawan pun harus menyicipi kekalahan lewat gol tunggal penalti dari Amiruddin Bagus di menit ke-72.

Malaysia posisi ketiga



Adapun Timnas U-16 Malaysia merebut posisi ketiga Piala AFF U-16 setelah mengalahkan Myanmar 1-0 dalam pertandingan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jatim, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Gol tunggal Malaysia berhasil diciptakan oleh Alif Daniel Abdul Aziz di menit ke-78.***

Bagikan: