Pikiran Rakyat
USD Jual 14.603,00 Beli 14.505,00 | Umumnya berawan, 27.7 ° C

Jusuf Kalla Meninjau Singkat Kesiapan Stadion Si Jalak Harupat untuk Asian Games 2018

Gita Pratiwi
WAKIL Presiden RI Jusuf Kalla (tengah) menginjakkan kakinya di lapangan sepak bola stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung dalam rangkaian acara peninjauan kesiapan Asian Games 2018 Rabu 8 Agustus 2018. Pada peninjauannya Jusuf Kalla meyakini Si Jalak Harupat siap untuk menggelar perhelatan akbar se-Asia tersebut.*

SOREANG, (PR).- Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau singkat Stadion Si Jalak Harupat di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu 8 Agustus 2018. Tinjauan yang berlangsung sore ini, guna memeriksa kesiapan venue pertandingan sepak bola Asian Games 2018.

Jusuf Kalla tiba di Stadion Si Jalak Harupat pukul 17.07 WIB dengan didampingi Penjabat Gubernur Jawa Barat Komjen Pol Iriawan, Bupati Bandung Dadang Nasser dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bandung Slamet Mulyana.



Antara melaporkan, Wapres meninjau lapangan sepak bola, tribun utama VVIP, ruang wasit, ruang ganti pemain, dan ruang konferensi. Terpantau masih ada persiapan estetika saat kunjungan tersebut. Sejumlah pekerja masih menyelesaikan beberapa renovasi di beberapa bagian baik di luar maupun di dalam stadion.



Beberapa titik seperti taman-taman, ruang konferensi pers, arena parkir, serta berbagai fasilitas umum lainnya masih dalam tahap pembenahan. Atap jembatan dari ruangan tamu VVIP menuju ke pintu barat utama stadion yang masih bolong-bolong pun tengah dilakukan perbaikan.





Stadion berkapasitas 27.000 kursi penonton ini juga berbenah agar ramah terhadap penyandang disabilitas. Sejumlah 120 kursi di antaranya diperuntukan bagi difabel dan 30 kursi bagi media yang dilengkapi fasilitas pendukung peliputan.



Rencananya Si Jalak Harupat akan dipakai untik pertandingan sepak bola grup C dan E. Grup C dihuni Uni Emirat Arab, China, Timor Leste dan Suriah. Sementara grup E dihuni Korea Selatan, Kirgystan, Malaysia, dan Bahrain.



Jalak Harupat merupakan sebutan untuk sejenis ayam jantan dalam Bahasa Sunda, yang berarti kuat, pemberani, nyaring saat berkokok, dan selalu menang saat diadu. Julukan Si Jalak Harupat juga diberikan kepada pahlawan nasional Otto Iskandardinata.

Si Jalak Harupat akan mulai digunakan dalam pertandingan sepak bola Asian Games pada Jumat 10 Agustus 2018.

 

Inasgoc sebut Jusuf Kalla puas





Tak banyak yang disampaikan Jusuf Kalla kepada para pewarta. Usai meninjau arena, Wapres langsung bergerak ke Kota Bandung untuk menghadiri agenda selanjutnya.



Sementara itu Vice President Inasgoc, Sjafrie Sjamsoeddin menyampaikan, Jusuf Kalla mengaku puas atas kesiapan Stadion Si Jalak Harupat untuk menggelar pertandingan sepak bola.



"Pak Wapres mengatakan Jalak Harupat sudah siap operasional, ada delapan negara dalam dua grup," ujar Sjafrie.





Dengan segala sarana dan prasarana yang memadai di Jalak Harupat, Wapres meminta agar Bupati Bandung, Dadang Naser, untuk terus menjaga keadaan stadion setelah penyelenggaraan Asian Games.



"(Jusuf Kalla) mengharapkan Pak Bupati bisa pelihara, karena ini sangat berharga," kata dia seperti ditulis Antara.***

Bagikan: