Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 27.4 ° C

Obor Asian Games 2018 akan Diarak di Kota Bandung, Simak Rutenya

Ari Nursanti

BANDUNG, (PR).- Api Obor Asian Games akan diarak keliling Indonesia, termasuk juga akan singgah di Kota Bandung pada Sabtu 11 Agustus 2018. Arak-arakan api obor ini merupakan bagian dari rangkaian acara jelang Asian Games XVIII/2018 yang akan dibuka pada 18 Agustus nanti.

Saat singgah di Kota Bandung, Api Obor Asian Games XVIII/2018 yang berasal dari Api Abadi Mrapen tersebut akan disambut dengan gegap gempita. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung Dodi Ridwansyah menyebutkan, beberapa pihak dari lintas OPD pun saat ini turut serta menyiapkan penyambutan obor Asian Games 2018 ini. "Termasuk ada keterlibatan beberapa atlet legend, seperti Ricky Subagja, Djajang Nurjaman, Rudi Hartono, dan terakhir Taufik Hidayat. Disni perlu kesiapan dan keseriusan dari kami Pemerintah Kota Bandung untuk bisa mengemas api obor ini dengan lancar," ucap Dodi saat on air di PRFM, Kamis 2 Agustus 2018.

Disebutkan Dodi, pihaknya akan menerima obor Asian Games 2018 dari Purwakarta. "Rencananya api obor ini akan diterima oleh pak wakil wali kota," ujarnya. Setelah secara resmi diterima Pemkot Bandung oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial, nantinya obor akan diarak dengan cara lari oleh para atlet legend. Namun, hingga saat ini nama-nama pembawa obor masih dalam tahap seleksi. "Apakah nanti Ricky Subagja, Djajang Nurjaman, atau Rudi hartono tergantung kesiapan fisik mereka," ujarnya menjelaskan.



Rute



Untuk rute sendiri, nantinya obor akan diarak sepanjang 10 KM yang dibagi oleh 20 pembawa obor Asian Games per-500 meter. "Rutenya setelah keluar dari Exit tol Pasteur melewati jalan Pasteur, naik ke Pasoepati, turun di Taman Sari, kemudian menyusuri jalan Cikapayang, lurus terus melewati gedung pertamina, kemudian gedung telkom lewati Sentot Alibasyah, melewati Gedung Sate, masuk je Jalan Cilamaya, Cimandiri, Cilaki dan langsung masuk ke Gedung Sate," katanya seperti dikuti dari PRFM News.

Untuk pengamanan jalur arak-arakan atau pawai obor Asian Games ini, Dodi mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan dengan pihak Dishub dan juga Satlantas Polrestabes Bandung. Namun, sejauh ini yang masih menjadi PR pihaknya adalah perihal penyediaan lahan parkir bagi para peserta pawai. "Hanya memang yang belum kita rumuskan ini dimana nanti kantong-kantong parkir untuk teman-teman yang akan berpartisipasi," ujarnya.***

Bagikan: