Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 22.8 ° C

Asian Games 2018 Penentu Nasib Luis Milla

Siska Nirmala (error)

JAKARTA, (PR).- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menegaskan, hasil yang didapatkan tim nasional U-23 Indonesia di Asian Games 2018 akan menentukan nasib pelatih timnas U-23 Luis Milla.

"Asian Games 2018 akan menjadi acuan evaluasi pelatih timnas U-23. Asian Games itu ibarat ujian nasional yang menentukan lulus atau tidaknya seseorang," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria di Jakarta, Rabu, 1 Agustus 2018, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Dia menjelaskan, PSSI menilai Asian Games 2018 sebagai gambaran performa timnas U-23 selama sekitar dua tahun dilatih Luis Milla.

Asian Games adalah perwujudan final dari semua pemusatan latihan dan seluruh pertandingan baik uji coba maupun turnamen yang diikuti timnas U-23 di bawah komando pelatih asal Spanyol tersebut. Oleh karena itu, memenuhi target masuk babak semifinal Asian Games 2018 menjadi hal mutlak yang harus dipenuhi.

"Dan final itu hanya kita lewati sekali. Inilah olahraga. Kalau di ujian akhir nasional, mau belajar sampai jungkir balik pun, sekali gak lulus tetap gak lulus, kan?" tutur Ratu Tisha.

Luis Milla dikontrak oleh PSSI sebagai pelatih timnas U-23 Indonesia sejak Januari 2017. Kontraknya akan berakhir pada akhir Agustus 2018.

Kandidat pengganti



PSSI sudah memiliki rencana seandainya kontrak pelatih yang pernah bermain untuk Barcelona dan Real Madrid itu tidak diperpanjang.

Calon-calon pelatih baru dipertimbangkan, tetapi belum ke tahap lanjutan karena proses pemilihan pelatih anyar harus melalui rapat komite eksekutif PSSI.

"Orang boleh berganti, tetapi sistemnya tidak. Kami melihat pelatih dari kecocokannya dengan sistem yang kami bangun yaitu filosofi sepak bola Indonesia atau filanesia. Kami tidak terpaku sama sosok," kata Ratu Tisha.

Adapun Luis Milla saat ini sedang berada di Bali memimpin pemusatan latihan timnas U-23 Indonesia menjelang bertanding Asian Games 2018.

Mereka rencananya kembali ke Jakarta pada 8 Agustus 2018 dan akan memulai laga perdana di Asian Games 2018 di hari Minggu, 12 Agustus 2018, menghadapi Taiwan.

Di Asian Games 2018, timnas U-23 Indonesia bergabung di Grup A yang juga berisi Hong Kong, Laos, Taiwan dan Palestina.***

Bagikan: