Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 28.3 ° C

Obor Asian Games 2018 Tiba di Purwakarta 10 Agustus Mendatang

Mochammad Iqbal Maulud
AKTOR Mario Lawalata dan atlet pencak silat asal Bulukumba, Selvi, bersama obor Asian Games 2018.*
AKTOR Mario Lawalata dan atlet pencak silat asal Bulukumba, Selvi, bersama obor Asian Games 2018.*

PURWAKARTA, (PR).- Kabupaten Purwakarta siap menyambut dua api obor Asian Games 2018 pada 10 Agustus mendatang. Seperti diketahui api tersebut adalah api abadi dari Dhyan Chand India, dan api mrapen dari Grobogan Jawa Tengah.

Sejumlah persiapan pun sudah dilakukan di Kabupaten Purwakarta untuk menyambut kedua api obor tersebut. Bahkan hingga kini kesiapan sudah mencapai lebih dari 80 persen. Sementara saat berada di Purwakarta, api obor tersebut akan bermalam hingga 11 Agustus 2018.

Berikut disampaikan oleh Kepala Bidang Olah Raga, Disporaparbud Iwan Kartiwan. Tepatnya di ruang kerjanya di Kelurahan Sindangkasih, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupate‎n Purwakarta pada Selasa 31 Juli 2018.

Menurut Iwan, dua api obor ini akan dibawa berkeliling ‎ke jalan-jalan protokoler di Purwakarta. Sementara acara puncak akan diadakan seremoni khusus di Taman Air Mancur Sri Baduga. Setelah sebelumnya akan diadakan juga kirab budaya.

‎"Rutenya yaitu masuk melalui Gapura Indung Rahayu di Ciganea, Kecamatan Jatiluhur. Setelah itu api akan menuju Simpang Suryo. Nah setelah itu puncaknya di air mancur. Nanti akan ada juga penampilan air mancur disesuaikan dengan tema Asian Games," ujar dia.

Obor Asian Games 2018 ini pun lanjut Iwan akan disambut oleh lebih dari 200 pasukan. Selain itu ribuan siswa dari sekolah-sekolah di Kabupaten Purwakarta akan juga meramaikan.

‎"Kirab rampak kendang dari TNI-Polri pun akan turut menyambut kedatangan obor yang berapi abadi. Ini sebuah kebanggaan bagi Purwakarta, karena terpilih dari 5 daerah tujuan kirab obor Asian Games di Jawa Barat‎," ucapnya.

Selain itu kata Iwan, kedatangan obor Asian ‎Games ini bertepatan dengan rangkaian hari jadi Purwakarta. "Mohon doanya dari masyarakat Purwakarta. Kita hanya tinggal mematangkan dengan pihak Inasgoc," ucapnya.

Selain Kabupaten Purwakarta, beberapa daerah lainnya di Jawa Barat pun dilalui kirab obor Asian Games. Daerah tersebut adalah, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Cianjur dan Bogor. Hingga nantinya akan berada di Jakarta tepatnya di Stadion Gelora Bung Karno.‎***

Bagikan: