Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian cerah, 31.3 ° C

10 Pemain Disanksi, Filipina Mundur dari Bola Basket Putra Asian Games 2018

Wina Setyawatie
Basket.*
Basket.*

JAKARTA, (PR).- Filipina akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari keikutsertaannya di Asian Games 2018 cabang bola basket putra (5x5). Keputusan tersebut dikeluarkan oleh Federasi bola basket Filipina, Samahang Basketbol ng Pilipinas Inc. (SBP) Jumat 27 Juli 2018, secara resmi melalui situs resmi mereka. 

Mundurnya mereka di ajang Asian Games ini dilatarbelakangi oleh sanksi berat yang dijatuhkan oleh Komisi Disiplin Federasi Asosiasi Bola Basket Internasional (FIBA) kepada Filipina akibat kericuhan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 zona Asia saat melawan Australia. Akibat ricuh tersebut, 10 pemain nasional mereka yang masuk dalam daftar Asian Games dikenai sanksi larangan bermain, termasuk juga pelatih kepala Vincent  Reyes dan sang asistennya Joseph Uichico. 

Saat ini, berdasarkan surat tersebut, SBP menyatakan jika mereka tengah melakukan banding. Pasalnya mereka masih berusaha untuk bisa menjalani sisa laga kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 serta Piala Dunia FIBA 2023 dimana mereka akan menjadi tuan rumah bersama Indonesia. 

Permohonan maaf



Mereka sempat akan menurunkan tim liga bola basket Filipina (PBA) Rain or Shine untuk mewakili Filipina di Asian Games nanti. Tapi rencanaya tersebut akhirnya gagal terlaksana karena SBP memutuskan untuk memberikan kesempatan bagi Timnas dan lembaga mereka untuk melakukan reorganisasi. Hingga, telah tercapai keputusan, dengan berbagai pertimbangan dan konsultasi dengan komunitas bola basket, bahwa waktu dan kesempatan yang ada tidak optimal untuk berpartisipasi di Asian Games 2018.

"Kami memohon maaf kepada panitia Asian Games dan penggemar timnas Filipina serta masyarakat basket Asia atas pengunduran diri ini. SBP bertekad untuk meningkatkan sistem dan mempersiapkan berbagai program yang akan memastikan penampilan terhormat tim kami di dunia internasional, sesuatu yang akan bisa dibanggakan masyarakat negara kami," seperti keterangan dalam surat. 

Sementara itu, dengan mundurnya Filipina, maka total peserta nomor basket putra akan diikuti oleh 13 negara saja. Sebelumnya Mongolia yang sudah mendapatkan undian di Grup A, bersama Korea, Indonesia, dan Thailand juga mengajukan mundur. Filipina sendiri menempati Grup B bersama dengan Iran, Syria, dan Uni Emirate Arab.***

Bagikan: