Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 28.7 ° C

Kalahkan Inggris, Belgia Juara Tiga di Piala Dunia 2018

PEREBUTAN juara ke-3 Piala Dunia 2018 mempertemukan Inggris dan Belgia di Stadion Saint Petersburg, Sabtu 14 Juli 2018 malam WIB. Keduanya terpaksa bertemu untuk memperebutkan juara ke-3 dunia, setelah mereka sama-sama kalah di semi final. Belgia ditundukkan Prancis 0-1 sedangkan Inggris ditaklukkan Kroasia 1-2.

Sejak awal babak pertama, kedua tim bermain terbuka. Baik Inggris maupun Belgia memainkan permainan yang agresif. Pada menit ke-4 serangan Belgia yang mematikan menyebabkan terciptanya gol cepat pada pertandingan ini. Gol tercipta setelah Nacer Chadili mengirim umpan silang yang diteruskan oleh Thomas Meunir dengan sontekannya dari jarak yang cukup dekat dengan penjaga gawang. Belgia pun unggul dari Inggris 1-0.

Setelah terciptanya gol pertama, timnas Belgia merasa di atas angin dan bermain dengan rasa percaya diri. Timnas Inggris pun terus di tekan dengan serangan-serangan yang berbahaya. Namun Inggris tidak mau kalah dan mencoba berbalik menguasai pertarungan.

Inggris mendapat peluang lewat striker andalannya Harry Kane di menit ke-24. Menerima umpan dari Raheem Sterling, sepakan Harry Kane dari tengah kotak penalti tidak dapat dimaksimalkan dan melenceng dari gawang yang dijaga Thibaut Courtois.

Kedua tim terus bermain terbuka dan saling berbalas menyerang. Pada menit ke-35 gawang Inggris kembali terancam. Namun sepakan keras yang dilesakkan oleh Toby Alderweireled masih melayang tipis di atas gawang Jordan Pickford.

Hingga 2 menit waktu tambahan yang wasit berikan untuk babak pertama ini, Three Lions julukan timnas Inggris belum bisa memanfaatkan peluang menjadi gol. Babak pertama pun usai dan kedudukan masih  1-0 untuk keunggulan Belgia.

Babak kedua



Saat babak kedua dimulai, Inggris langsung membenahi skema dengan memasukkan Marcus Rashford dan Jesse Lingeard. Namun kondisi masih sama seperti babak pertama, kedua negara bermain seimbang dengan silih berganti mengirim serangan.

Timnas Inggris membuka peluang pertamanya lewat Harry Kane. Di menit ke-55, Jesse Lingard melepaskan umpan silang dari sisi kiri pertahanan Belgia. Namun bola gagal dijangkau Harry Kane yang berada tepat di depan gawang. Peluang pun gagal dimaksimalkan.

Giliran Belgia mengancam dengan serangan baliknya yang berbahaya di menit ke-56. Romelu Lukaku yang lepas dari jebakan offside menerima umpan terobosan yang diberkan Kevin De Bruyne. Lukaku lantas melakukan sprint cepat, tapi bola dapat di ambil Jordan Pickford yang berhasil keluar lebih cepat dari sarangnya.

Pola permainan terbuka yang ditampilkan kedua tim membuat jalannya pertandingan semakin menarik untuk di saksikan. Kedua tim yang bermain agresif membuat begitu banyak peluang emas tercipta. Tetapi dari serangan-serangan tersebut, belum ada yang membuahkan hasil.

Gol tambahan di laga ini akhirnya lahir di menit ke-82 untuk Belgia. Lewat umpan terobosan yang diberikan Kevin De Bruyne, Eden Hazard berhasil memanfaatkan peluangnya menjadi gol. Sepakan dari Eden Hazard melalui kaki kanannya berhasil mengecoh Jordan Pickford. Bola pun masuk ke gawang Inggris. Skor berubah 2-0 untuk Belgia.

Tiga menit tambahan waktu diberikan pengadil lapangan. Inggris masih sulit mengejar ketertinggalan mereka, bahkan sampai wasit membunyikan peluit panjang yang berarti pertandingan telah usai. Belgia berhak menjadi juara ke-3 Piala Dunia 2018 di Russia.

Susunan Pemain :



Belgia : Thibaut Courtois, Toby Alderweireled, Vincent Kompany, Vertonghen, Thomas Meunir, Chadli (Vermaelen 39’), Alex Witsel, Kevin De Bruyne, Tielemans, Eden Hazard, Lukaku.

Inggris : Jordan Pickford, Phil Jones, John Stones, Harry Maguire, Rose, Trippier, Loftus Cheek, Dier, Delph, Sterling, Harry Kane.

(Ivan Alviansah)***

Bagikan: