Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 23 ° C

Hasil Undian Asian Games 2018 Ringankan Langkah Timnas Indonesia

Wina Setyawatie
Inasgoc bersama Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan dihadiri perwakilan pengurus cabor melakukan pengundian tujuh cabor yang akan dipertandingkan pada Asian Games 2018 yakni, sepak bola, bola voli, rugby sevens, sepak takraw, polo air, hand ball, dan bola basket.*
Inasgoc bersama Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan dihadiri perwakilan pengurus cabor melakukan pengundian tujuh cabor yang akan dipertandingkan pada Asian Games 2018 yakni, sepak bola, bola voli, rugby sevens, sepak takraw, polo air, hand ball, dan bola basket.*

JAKARTA, (PR).- Indonesia mendapatkan undian yang tidak terlalu menyulitkan di cabang sepak bola Asian Games 2018. Dari hasil undian nomor beregu yang berlangsung di Hotel JS Luwansa, Indonesia sebagai tuan rumah menempati Grup A bersama Hongkong, Laos, dan Taipei.

Undian cabang sepak bola ini diikuti oleh 24 tim peserta. Undian di bagi dalam enam grup yang masing-masing dihuni oleh empat tim. 

Dalam undian, Indonesia masuk dalam pot satu sebagai unggulan pertama, bersama dengan juara bertahan Asian Games Korea Selatan, Korea Utara, Irak, Thailand, dan Jepang. Mereka yang masuk dalam pot pertama dipastikan dalam fase penyisihan tidak akan berada dalam satu grup.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria yang datang mewakili Federasi mengatakan, meskipun lawan-lawannya bukan tim-tim kuat Asia namun Timnas Indonesia tetap harus bersiap. Ia mengakui, peluang untuk lolos ke babak selanjutnya cukup bagus.

"Tapi Alhamdulillah ini berkat doa seluruh rakyat Indonesia, meskipun Hongkong, Taipei, maupun Laos tetap saja lawan yang tidak bisa dianggap remeh. Tetap harus full konsentrasi di grup ini. Semoga dengan hasil undian ini, kami bisa lolos ke-16 besar. Yang penting bagi kami adalah Timnas fokus dulu pada pertandingan pertama, konsentrasi," ucapnya.

Disinggung mengenai tim yang dinilaiakan paling merepotkan, Tisha tak menjelaskan secaa gamblang. Namun ia menilai Timnas Indonesia telah melakukan persiapan matang. Hal ini di antaranya dengan melakukan uji coba menghadapi lawan-lawan yang lebih tangguh, dan memiliki peringkat di atas Timnas Indonesia.

Mulai dari Syria, Bahrain, Uzbekistan, Korea Selatan, Korea Utara, Thailand, dan Jepang.

Karena itu dia berharap, Timnas bisa mengimbangi tiga tim lainnya yang ada di Grup A ini. "Semoga dengan uji coba dengan tim-tim berperingkat atas dan tanggung, Timnas bisa mengimbang dan bahkan menguasai permainan dengan tiga tim lainnya di grup ini. Karena lawan siapapun sebenarnya sama saja, tidak boleh anggap enteng. Sebab ini penting buat kami sebagai tuan rumah. Hingga konsentrasi penuh harus dijaga," ujarnya.

Empat besar



Lebih lanjut, dia menuturkan Timnas Indonesia tetap mengusung target empat besar. Hal ini sesuai yang telah dideklarasikan oleh pemerintah bersama-sama dengan PSSI.

"Akan tetapi, tetap, bagi kami fokus di game pertama dulu," ucapnya

Jelang berlangsungnya Asian Games, menurut Tisha, Timnas masih akan sekali lagi melakukan uji coba dalam masa TC yang akan dimulai 24 Juli mendatang. Tapi uji coba ini hanya akan bersifat latihan dan tertutup.

"Jadi hanya internal saja dan tertutup di area trainning camp. Uji coba internasional terakhir adalah saat melawan Korea Utara kemarin," tuturnya.

Untuk cabang sepak bola putra, berlangsung di empat stadion, yakni  Stadion Patriot Bekasi untuk grup A dan B, Stadion Pakansari Cibinong untuk grup C, dan Stadion Wibawa Mukti grup D. Sementara laga grup E dan F akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Bandung. Untuk Semifinal dan partai Final akan dilangsungkan di Stadion Pakansari.***

Bagikan: