Pikiran Rakyat
USD Jual 14.185,00 Beli 13.885,00 | Berawan, 21.4 ° C

AFF U-19, Indonesia Bungkam Filipina 4-1

Siska Nirmala Puspitasari
Pesepak bola Indonesia U19 Firza Andika (kanan) dan Muhammad Rafli Mursalim (kiri) melakukan selebrasi ketika berhasil mencetak gol ke gawang Filipina U19 dalam penyisihan grup A Piala AFF U19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis, 5 Juli 2018. Indonesia unggul atas Filipina dengan skor 4-1.*
Pesepak bola Indonesia U19 Firza Andika (kanan) dan Muhammad Rafli Mursalim (kiri) melakukan selebrasi ketika berhasil mencetak gol ke gawang Filipina U19 dalam penyisihan grup A Piala AFF U19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis, 5 Juli 2018. Indonesia unggul atas Filipina dengan skor 4-1.*

SIDOARJO, (PR).- Timnas Indonesa bungkam Filipina 4-1 pada laga lanjutan turnamen piala AFF-U19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis, 5 Juli 2018 malam.

Keunggulan timnas Indonesia berhasil dicetak oleh Saddil Ramdani di menit ke-81 dan ke-85, Firma Andika menit ke 82 dan gol pamungkas disumbangkan oleh Todd Rivaldo saat memasuki menit ke-90. Sedangkan gol satu-satunya Filipina diciptakan oleh Chester Geo di menit ke 32 melalui tendangan bebas.

Seperti dilansir Kantor Berita Antara, pada pertandingan itu timnas Filipina unggul lebih dahulu melaui gol pertama ysmg diciptakan Chester Geo di menit ke 32 melalui tendangan bebas.

Pada awal babak pertama, Timnas Indonesia membuka peluang mencetak gol, namun umpan Firza yang disambut Resky Fandi pada menit 9 belun manjadi gol.

Pada menit ke-23 peluang Indonesia mencetak gol kembali gagal ketika sundulan bola dari Samuel Christianson melenceng di sisi kanan gawang Jessy Reli.

Di Menit ke 32 Indonesia harus mengakui kekuatan tim Filipina setelah tendangan bebas Chester Geo tidak mampu dihalau Muhammad Riyandi dan skor menjadi 1-0 untuk Filipina.

Menambah daya gebrak, pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri kemudian mengganti pemain Samuel dengan Saddil Ramdani.

Memasuki akhir babak pertama Timnas Indonesia gencar melakukan serangan, tetapi harus kandas di tangan kiper Filipina Jessie Reli. Dan kedudukan 1-0 untuk kemenangan Filipina hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indra Sjafri menambah tenaga baru dengan memasukkan Todd Rivaldo menggantikan Resky Fandi Witriawan.

Hingga memasuki menit ke 60 tidak banyak perubahan yang bisa dilakukan timnas Indonesia untuk menggebrak pertahanan Filipina. Beberapa kali serangan yang dilakukan harus kandas di kali pemain belakang Filipina. Kedudukan masih tetap 1-0 untuk kemenangan Filipina.

Indonesia akhirnya berhasil mengimbangi skor setelah menit 81 tendangan keras kaki kiri Saddil Ramdani tak mampu ditahan kiper Filipina kedudukan menjadi 1-1.

Hanya satu menit berselang lewat sundulan Firza berhasil menambah keunggulan menjadi 2-1 untuk kemenangan Indonesia.  Menit 85 Saddil kembali menambah pundi-pundi gol setelah tendangan kaki kiri membuat Indonesia Unggul 3-1.

Gol pamungkas diciptakan oleh Todd Rivaldo saat memasuki masa perpanjangan waktu. Dan skor bertahan 4-1 untuk kemenangan Indonesia hingga peluit panjang ditiup wasit menandai berakhirnya pertandingan.

Pelatih Indonesia Indra Sjafri mengatakan setelah dilakukan pergantian pemain akhirnya bisa bongkar pertahanan lawan.

"Setelah pergantian pemain dan sabar serta tidak down, pemain seperti biasa poin mental pemain bagus," katanya.***

Bagikan: