Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 31.1 ° C

VAR di Piala Dunia 2018 Hasilkan 9 Tendangan Penalti, Ini Daftarnya

KETUA FIFA VAR Refereeing Project, Roberto Rosetti , menunjukkan ruang operasi video (VOR), fasilitas sistem Video Assistant Referee (VAR) yang diluncurkan pertama kalinya di Piala Dunia di Moskow, Rusia 9 Juni 2018.*
KETUA FIFA VAR Refereeing Project, Roberto Rosetti , menunjukkan ruang operasi video (VOR), fasilitas sistem Video Assistant Referee (VAR) yang diluncurkan pertama kalinya di Piala Dunia di Moskow, Rusia 9 Juni 2018.*

MANUSIA semakin dimudahkan kehadiran teknologi. Tak terkecuali dalam momentum akbar Piala Dunia 2018. Kehadiran Video Assisten Referee atau VAR di Piala Dunia semakin adil dan menarik.

VAR merupakan sebuah video tayangan ulang dari sebuah pertandingan yang sedang berlangsung untuk membantu wasit. Dalam hal urusan mengambil suatu keputusan mengenai sebuah gol, penalti, kartu merah, ataupun kesalahan pengambilan keputusan serta untuk meminimalisir kecurangan.

FIFA secara resmi memakai teknologi ini untuk pertama kalinya dalam event akbar sepak bola Piala Dunia 2018 di Rusia.

Hadirnya VAR di Piala Dunia membantu wasit dalam mengambil keputusan yang sangat tepat. Dengan hadirnya teknologi ini wasit dapat mengamati pelanggaran-pelanggaran yang dirasa kurang jelas ia lihat saat pertandingan berlangsung.

Guna memerangi kontroversi, organisasi yang bertanggung jawab mengatur “Laws  of the Game” IFAB, telah melakukan berbagai inovasi. Inovasi teranyarnya ialah teknologi VAR.

Fitur VAR ini terbukti sangat membantu wasit dalam beberapa pertandingan Piala Dunia di Rusia khususnya fase group. Tercatat ada 9 keputusan wasit yang dibantu oleh teknologi VAR berbuah penalti bagi kontestan Piala Dunia 2018 ini. Enam (6) eksekusi penalti berujung gol dan tiga (3) eksekusi lainnya gagal di tuntaskan menjadi gol.

Berikut 9 penalti berkat bantuan teknologi VAR di Piala Dunia 2018 dan hasilnya



1. Antonie Griezman : Prancis vs Australia (gol)

7. Salman Al Faraj : Arab Saudi vs Mesir (gol)

8. Cristiano Ronaldo : Portugal vs Iran (gol)

9. Karim Ansarifard : Iran vs Portugal (gol)

Mekanisme VAR di Piala Dunia menguntungkan banyak pihak. Setelah dilaporkan, pengadil lapangan melihat serta mengamati dengan jeli apa yang sebenarnya terjadi melalui video tayangan ulang.

Keputusan pun akan di buat sesuai apa yang terjadi sebenarnya. Patut ditunggu kontestan manakah yang akan dibantu oleh teknologi VAR ini selanjutnya, mengingat Piala Dunia 2018 di Rusia ini masih berjalan sampai final.(Ivan Alviansah)***

 

Bagikan: