Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Hujan petir singkat, 22 ° C

Swedia vs Korea Selatan, VAR, dan Penalti Andreas Granqvist

PEMAIN Swedia Andreas Granqvist mencetak gol pertama mereka dari titik penalti pada pertandingan Grup F Piala Dunia 2018 antara Swedia vs Korea Selatan di Stadion Nizhny Novgorod, Nizhny Novgorod, Rusia, Senin 18 Juni 2018.*
PEMAIN Swedia Andreas Granqvist mencetak gol pertama mereka dari titik penalti pada pertandingan Grup F Piala Dunia 2018 antara Swedia vs Korea Selatan di Stadion Nizhny Novgorod, Nizhny Novgorod, Rusia, Senin 18 Juni 2018.*

MOSKOW, (PR).- Pertandingan kedua babak penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 antara Swedia vs Korea Selatan di Stadion Nizhny Novgorod, Senin 18 Juni 2018 kembali diuntungkan teknologi VAR (video assistant referee). Swedia unggul tipis 1-0 atas Korea Selatan.

Hasil pemutaran ulang video memutuskan bahwa Swedia berhak atas penalti karena pelanggaran yang dilakukan Kim Min-woo di kotak penalti. Tendangan penalti yang dieksekusi Andreas Granqvist mampu menggetarkan gawang Korea Selatan.

Swedia, tim berjuluk Blagult di bawah asuhan Janne Andersson kali ini hadir tanpa pemain bintang mereka Zlatan Ibrahimovic. Tetapi, pelatih berusia 55 tahun ini tetap optimistis dalam menghadapi gelaran Piala Dunia 2018. Begitu juga dengan tim asal negeri gingseng, di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong sangat berambisi memetik poin penuh di laga perdana ini. 

Swedia tampil dengan formasi andalan mereka 4-4-2 yang mengandalkan duet pemain depan Marcus Berg dan Ola Toivonen. Tak mau kalah, Korea selatan menggunakan formasi 4-3-3 dengan tiga striker andalan mereka Son Heungmin, Kim Shinwook, dan Hwang Heechan.

Babak pertama



Pada menit awal pertandingan, Korea Selatan tampil menyerang dengan mengandalkan pemain sayap mereka. Tidak mau kalah, Swedia juga dengan memanfaatkan postur tubuh mereka dapat beberapa kali meredam serangan-serangan dari Korea Selatan. Pertandingan berjalan cukup keras dengan terjadinya beberapa pelanggaran di menit-menit awal.

Pada menit ke-20 Swedia mendapatkan peluang emas di depan mulut gawang Korea Selatan. Pemain bernomor punggung 9 Marcus Berg mendapatkan bola didalam kotak penalti dan mencoba melakukan tendangan dengan kaki kirinya.

Dengan respons yang cepat, penjaga gawang Korea Selatan Cho Hyun-woo menghadang dengan kakinya. Tidak berhenti sampai di situ, Swedia terus melancarkan serangan-serangan melalui pemain tengah mereka. 

Korea selatan pun tidak tinggal diam, mereka melakukan beberapa kali penyerangan melalui serangan balik dengan memanfaatkan kecepatan pemain yang mereka miliki. Namun, rapatnya lini pertahanan Swedia membuat Korea Selatan belum dapat memaksimalkan peluangnya. 

Kembali penyerang Swedia Marcus Berg mendapatkan peluang didalam kotak penalti Korea Selatan setelah menerima umpan terobosa, namun tendangan melaju bebas di depan gawang Korea Selatan.

Pada babak pertama, Swedia menguasai jalannya pertandingan. Dengan beberapa kali peluang yang mereka miliki, permainan dari tim Korea Selatan terlihat kurang memukau di pertandingan malam ini. Sampai berakhirnya babak pertama, kedua tim masih sama kuat dengan skor 0-0. 

Pelanggaran berbuah penalti



Baru berjalan empat menit pertandingan di babak kedua, Swedia kembali mendapatkan peluang dari tendangan di luar kotak penalti yang dilakukan oleh pemain tengah Emil Forsberg. Namun, tendangannya masih berada di atas gawang yang dijaga Cho Hyun-woo.

Berselang beberapa menit, Korea melancarkan serangan melalui sisi kiri lapang, umpan yang mengarah tepat kepada Koo Jacheol, namun sundulannya mengenai mistar gawang. 

Kembali penjaga gawang Korea Selatan Cho Hyun-woo melakukan penyelamatan di menit ke-56 setelah mematahkan peluang di depan gawang yang dimiliki Swedia.

Pada menit ke-62, wasit menghentikan pertandingan sejenak untuk melihat bagaimana proses terjadinya pelanggaran di kotak penalti Korea Selatan. Pada menit ke-64, wasit kemudian memberikan hadiah penalti kepada Swedia setelah membuktikan pelanggaran yang dilakukan Kim Min-woo terhadap Victor Claesson.

Pada menit ke-65 Andreas Granqvist yang juga kapten tim sekaligus pemain senior tim Swedia tidak menyia-nyiakan peluang yang dimilikinya. Granqvist melakukan eksekusi dengan sempurna. Tendangan kaki kanan yang mengarah ke sisi kanan dan merubah skor menjadi 1-0.

Tempo pertandingan di pertengahan babak kedua semakin cepat. Serangan demi serangan semakin gencar dilakukan kedua tim.

Asisten wasit memutuskan memberi tambahan waktu selama 4 menit pada pertandingan ini. Korea Selatan pun semakin gencar melakukan serangan ke gawang Swedia.

Pada menit ke-91 Korea Selatan mendapat peluang emas di depan gawang Swedia, namun sundulan dari Hwang Heechan masih menyamping di gawang Swedia.

Sampai peluit panjang ditiupkan kedudukan masih tetap 1-0 dengan kemengan Swedia. Dengan hasil ini Swedia memuncaki klasemen sementara bersama Meksico. (Rifqi Maulana)***

Bagikan: