Pikiran Rakyat
USD Jual 14.433,00 Beli 14.335,00 | Cerah berawan, 27.4 ° C

Tantangan Berat Timnas U-19 di Piala Asia

Wina Setyawatie

JAKARTA, (PR).- Timnas Indonesia akan mendapatkan tantangan berat di Piala Asia U-19 yang akan digelar 18 Oktober-4 November mendatang. Pasalnya hasil drawing yang digelar di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Jumat, 18 Mei 2018, menempatkan Indonesia bersama dua negara Timur Tengah.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menempati pot A dan mendapatkan undian di Grup A bersama Uni Emirat Arab, Qatar, dan Taiwan. Meskipun bukan grup neraka, seperti Grup B yang mempertemukan Jepang, Irak, Thailand, dan Korea Utara. Tapi tetap saja hasil itu menjadi tantangan berat yang harus dihadapi oleh Timnas U-19 dan sang pelatihnya Indra Sjafri.

Pasalnya, jika bisa lolos dari penyisihan Grup, maka Indonesia harus menghadapi salah satu tim dari Grup B yang akan menjadi calon lawan di babak berikutnya. Hal itu pun disadari oleh Indra. 

"Dengan hasil drawing ini, kita sekarang bisa lebih fokus dalam persiapan. Karena kita sudah tahu siapa-siapa saja calon lawan yang nanti akan dihadapi," ujarnya.

 

Menurut dia, tugas pertamanya adalah bisa membawa Timnas U-19 lolos dari babak penyisihan grup terlebih dahulu. Baru kemudian fokus dengan kekuatan Grup B yang akan jadi lawan berikutnya.

Dia menilai, kekuatan lawan di Grup A merata. Tidak ada satu sama lain yang lebih baik, dan semua dinilainya patut diwaspadai.

"Semua tim yang lolos ke putaran final ini pasti berat. Semua harus diwaspadai, karena mereka lolos ke putaran final ini sebagai juara grup dan runner-up terbaik. Tapi kami juga harus antisipasi kekuatan di Grup B, karena salah satu dari mereka calon lawan selanjutnya kalau kita lolos fase grup ini," tuturnya mengomentari siapa lawan yang terberat.

Pada edisi Piala Asia U-19 terakhir yang diikuti Indonesia, empat tahun lalu, langkah Evan Dimas dkk. terhenti di penyisihan grup. Itu setelah menelan tiga kali kekalahan atas lawannya di Grup B, yakni Australia, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan. Timnas U-19 akhirnya finis sebagai juru kunci di grup B.

Pada perhelatan sepakbola ini, Indonesia harus bisa menembus babak semifinal untuk bisa mewujudkan ambisi merebut tiket Piala Dunia U-20 sebagai wakil Asia. Tembus ke "4 Besar" ini sesuai dengan target yang ditetepkan oleh PSSI. 

Meskipun tugasnya berat, namun Indra mengaku tetap optimis untuk bisa lolos ke babak semifinal. Baginya peluang sedikit saja, tetap saja peluang."Tidak ada yang tidak mungkin. Sekecil apapun peluang tetap peluang dan insya Allah kita bisa mencapainya bila kerja keras," ujarnya.

Indonesia akan menghadapi Taiwan sebagai lawan pertama di 18 Oktober mendatang. Lalu menghadapi Qatar di 21 Oktober, dan terakhir Uni Emirat Arab pada 24 Oktober.

Berikut hasil undian lengkap Piala Asia 2018. Grup A: Indonesia, Uni Emirat Arab, Qatar, dan Taiwan. Grup B: Jepang, Irak, Thailand, dan Korea Utara. Grup C: Vietnam, Korea Selatan, Australia, Yordania. Terakhir di Grup D: Saudi Arabia, Tajikistan, Tiongkok, dan Malaysia.***

Bagikan: