Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 29.7 ° C

Jelang Akhir Kompetisi, Program IBL 2019 Mulai Dirancang

Wina Setyawatie
Basket.*
Basket.*

JAKARTA, (PR).- Jelang memasuki akhir kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2018, sejumlah ancang-ancang sudah mulai dilakukan IBL untuk musim depan. Program off season sudah mulai disusun dan beberapa regulasi baru sedang dalam tahap pematangan.

Direktur IBL, Hasan Gozali kepada "PR" di Bandung, akhir pekan lalu mengatakan jika dalam waktu dekat, program wajib dari sponsor yang harus dijalankan adalah festival 3 X 3 pada Juli mendatang. Lalu, berlanjut pada turnamen Go-Jek Cup yang target dimulai Oktober atau September.

"Go-Jek Cup ini nantinya akan jadi turnamen pra-musim. Karena itu akan diikuti oleh tim-tim IBL, tapi dengan hanya memainkan pemain lokalnya saja," katanya.

IBL memang tidak terlalu banyak membuat rencana untuk off-season. Hal itu karena ruang gerak yang tidak begitu banyak.

Sebab, meski nantinya off-season akan berjalan 7 bulan, tapi dipotong ramadhan sebulan, lalu Asian Games 2018 tiga pekan, maka banyak yang harus dikejar.

"Terlebih dalam waktu dekat IBL akan menyiapkan draft rookie untuk musim depan. Saat ini mereka tengah finalisasi aturannya," ujar Hasan.

Musim kompetisi IBL 2018-2019 sendiri ditargetkan bisa mulai berjalan pada akhir tahun ini. Dengan padatnya agenda tahun ini, dirinya berharap semoga jadwal yang telah direncanakan untuk memutar musim baru tidak meleset.

"Formatnya kurang lebih masih sama, tapi kemungkinan dalam aturannya ada sedikit penyempurnaan. Untuk peserta sendiri, kemungkinan bertambah itu ada. Karena saat ini sudah ada beberapa tim yang mulai bertanya-tanya untuk bisa ikut season depan. Ada tiga tim yang bertanya, sementara baru tanya. Belum ada pembicaraan juga dengan BOD (board of director) tentang penambahan tim ini," ujarnya. 

Jika musim depan akan ada penambahan tim, maka tentunya, menurut dia, pihaknya akan lebih konsen dengan penganggaran. Karena bila ada tim baru, IBL pun ujarnya tidak bisa menerima hanya tambahan satu tim saja.

 

Bagikan: