Pikiran Rakyat
USD Jual 14.210,00 Beli 13.910,00 | Berawan, 20 ° C

Pyeongchang Lokasi Olimpiade Paling Dingin, Korban Hipotermia Berjatuhan

PYEONGCHANG, (PR).- Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan menjadi tempat Olimpiade paling dingin selama lebih dari 20 tahun.

Ini dapat terjadi karena di tiga tempat Olimpiade Musim Dingin terakhir digelar, yakni Sochi, Rusia pada tahun 2014, Vancouver, Kanada tahun 2010 dan Torino, Italia tahun 2006 merupakan tempat pertandingan terhangat yang pernah digelar.

Hal ini tidak termasuk memperhintungkan perbedaan tahun dan waktu, pada Olimpiade Musim Dingin 1994 di Lillehammer, Norwegia tercatat bahwa kota itu menjadi tempat pertandingan Olimpiade paling dingin.

Suhu di Lillehammer, tempat paling utara yang pernah diadakan dalam Olimpiade, mencapai -2.7°C dengan suhu paling rendah -11°C dan mneurut The Weather Channel, suhu selama upacara pembuakaan di Pyeongchang diperkirakan paling rendah mencapai -6°C.

Selama masa latihan untuk ajang olahraga ini, beberapa penonton memilih untuk keluar dari stadion karena suhu mencapai -14°C ditambah dengan faktor kesejukan angin dari 7 di bawah nol. Sebanyak tujuh orang harus dirawat karena hipotermia.

Hal ini menyebabkan beberapa negara seperti Australia dan Italia memilih untuk melewatkan acara tersebut. Andaikata para peserta berdiri terlalu lama di stadium yang sedingin itu dan tidak memiliki penghangat ataupun atap. Suhu dapat berpengaruh pada penampilan para atlet nya nanti saat bertanding.

Atlet dari Amerika ikut berpartisipasi dalam acara tersebut, dan mereka juga datang dengan persiapan seperti menggunakan jaket penghangat listrik.

Para penonton memiliki sebuah “tenda penghangat” di luar stadion untuk membantu mereka berjalan dari berbagai tempat parkir serta welcome packet yang termasuk sebuah penghangat, selimut dan topi rajut.

Namun itu hanya satu waktu di satu tempat saja. Rata-rata suhu rendah yang diperkirakan tahun ini adalah -10.5°C.

Sulit untuk membandingkan setiap kota yang dijadikan tuan rumah Olimpiade dan dari berbagai tahun Olimpiade yang sudah pernah diadakan, namun seperti yang dilaporkan CNN: “Ketika anda melihat garis lintang, Pyeongchang adalah kota terdingin dalam kaitannya dengan tempat di dunia ini. Kota ini memiliki garis lintas yang sama dengan San Fransisco; Richmond, Virginia dan Sevill di selatan Spanyol.”

Korea Selatan juga memiliki cukup banyak pegunungan, yang menjadi faktor kedalam rata-rata suhu yang ada disana. USA Today melaporkan bahwa kota yang berada di bagian timur laut negara ini “terkenal dengan anginnya yang kencang.”

Suhu di Sochi memiliki suhu yang sejuk dengan 16°C pada satu hari Olimpiade, namun dengan suhu tinggi normal mencapai -1°C, tidak akan menjadi masalah dalam hal mendarat di genangan air daripada salju di Pyeongchang. (Ines Anggun)***

Bagikan: