Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Cerah berawan, 30.1 ° C

Test Event Sepakbola Asian Games 2018 Diundur

Wina Setyawatie

JAKARTA, (PR).- Pelaksanaan test event Asian Games 2018 cabang sepak bola akan mengalami pengunduran jadwal. Hal itu karena tidak bisa digunakannya tiga stadion yang awalnya diproyeksikan akan menjadi venue test event pada 10-18 Februari 2018 mendatang.

Ketiga stadion tersebut yakni Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Wibawa Mukti Cikarang, dan Pakansari Cibinong. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono saat dihubungi "PR", Selasa 9 Januari 2018.

Menurut Joko, lapangan di stadion-stadion tersebut akan direhabilitasi total, mengingat ketiganya nanti akan jadi venue Asian Games 2018. Hingga pihaknya pun kini sedang berusaha untuk mengajukan izin ke pihak Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPK-GBK) untuk mengusahakan penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk test event Asian Games cabang sepakbola. 

"Iya karena ada renovasi. Ini kita urus satu-satu dulu. Ada opsi SUGBK, saat ini Sekjen (Sekretaris Jenderal PSSI) sedang menyiapkan untuk pengajuan perizinannya. Karena ada perubahan tempat maka kemungkinan akan menyesuaikan dengan perubahan waktu pelaksanaan test event juga," katanya. 

Jika melihat dari jadwal awal test event resmi sembilan cabor yang dikeluarkan oleh Panitia Penyelenggara Asian Games 2018, SUGBK hanya akan dipergunakan untuk test event cabang atletik. Dengan jadwal perlombaan 11-14 Februari 2018 mendatang. 

Dari perkembangan terakhir yang diterima "PR" dari Inasgoc, sejauh ini PSSI telah mendaftarkan SUGBK sebagai venue test event sepak bola. Jadwal  pelaksanaannya setelah test event atletik digelar. Begitu yang tercatat di Divisi Media & Public Relation Inasgoc.  

"PSSI sudah mendaftarkannya (test event) di SUGBK. So far tanggal yang dimasukan adalah 18-23 Februari 2018. Itu informasi terakhir yang kami terima," ungkap Koordinator Media dan Public Relation Inasgoc.  

Saat dikonfirmasi terkait masalah rehabilitas lapangan yang akan digunakan dilakukan di ketiga stadion. Kadispora Kab Bogor, Yusuf Sadeli yang membawahi pengelolaan stadion Pakansari mengatakan jika benar adanya kabar tersebut.

Rehabilitasi akan berjalan kurang lebih selama enam bulan dan akan mulai pada Januari ini. Pengerjaan rehabilitasi stadion sendiri akan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat (KemenPR-PR). 

"Iya benar, tiga stadion termasuk yang Pakansari dan dua stadion lain di kawasan Bekasi akan direnovasi. Jadi sepertinya memang tidak bisa digunakan untuk test event. Ketiganya akan direhabilitasi untuk nanti pas pertandingan di Asian Games 2018-nya. Informasi ini sudah disampaikan ke Wakil Ketua PSSI, Pak Joko," tuturnya. 

Hal serupa pun diungkapkan oleh Kepala Dispora Kota Bekasi Tedi Hafni yang mengelola Stadion Patriot. Dia pun memastikan jika selama rehabilitasi tidak memungkinkan untuk dijadikan lokasi pagelaran event olahraga apa pun. Pihaknya pun mengatakan telah meminta rencana penggunaan stadion ini sebagai salah lokasi test event Asian Games dibatalkan.***

Bagikan: