Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Berawan, 21.4 ° C

Timnas Indonesia Menyerah dari Skuad U-23 Suriah

Yusuf Wijanarko

CIKARANG, (PR).- Timnas Indonesia Timnas Indonesia ditumbangkan skuad U-23 Suriah 0-1 dalam laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu 28 November 2017.

Pelatih Timnas Luis Milla menurunkan semua pemain senior yang dipanggil termasuk pemain naturalisasi Ilija Spasojevic. Laga kali ini menjadi debut Ilija Spasojevic bersama Timnas. 

Akan tetapi, Timnas Indonesia tertekan pada menit-menit awal. Tuan rumah banyak menekan lawan dari sayap melalui aksi-aksi Andik Vermansyah dan Febri Hariyadi.

Strategi melebar itu hampir menghasilkan gol ketika sundulan Febri Hariyadi memanfaatkan umpang silang dari sisi kanan menyamping di kanan gawang lawan menit ke-28.

Sembilan menit setelahnya, giliran Andik Vermansyah yang mengobrak-abrik pertahanan Suriah dengan kelincahannya. Dia mengirimkan umpan tarik kepada Boaz Solossa yang berdiri bebas di kotak penalti. Namun, tendangan penyerang Persipura Jayapura itu melayang di atas gawang Suriah yang dikawal Yazen Ourabi.

Peluang terbaik Indonesia pada babak pertama datang di menit ke-45+1 saat tendangan bebas Andik dari sisi kiri menciptakan kemelut di depan gawang Suriah. Namun, para pemain Indonesia di depan gawang Suriah gagal menguasai bola dengan baik.

Skor 0-0 pun bertahan hingga wasit Ngo Duy Lan asal Vietnam meniup peluit tanda selesainya babak pertama.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia membuat peluang menit ke-60 melalui sundulan Achmad Jufriyanto yang melambung di atas mistar gawang lawan.

Kesempatan emas Indonesia datang kembali menit ke-67 melalui Febri Hariyadi yang mendapatkan ruang terbuka di kotak penalti lawan. Namun, tendangan pemain Persib itu masih melebar.

Suriah akhirnya bisa menjebol gawang Indonesia menit ke-84 setelah tendangan Mouhamad Anez meluncur mulus tanpa bisa diantisipasi Andritany Ardhiyasa.

Skor 1-0 membuat Indonesia tersengat tetapi dua serangan di akhir pertandingan tidak bsia menghasilkan gol.

Hasil ini membuat Indonesia dua kali takluk dari skuad U-23 Suriah dalam laga uji coba. Sebelum kekalahan ini, dalam laga yang digelar Kamis 16 November 2017, Timnas Indonesia U-23 juga dikalahkan dengan skor 2-3.

Di laga persahabatan berikutnya, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Guyana di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu 25 November 2017 mulai pukul 18.30.***

Bagikan: