Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sebagian berawan, 18.4 ° C

Bonus Peraih Medali SEA Games dan ASEAN Paragames Cair Jumat Ini

Wina Setyawatie
Judoka Indonesia Mochammad Syaiful Raharjo memegang lambang bendera Merah-Putih saat menyanyikan lagu Indonesia Raya usai final judo -66 Kg putra SEA Games XXIX Kuala Lumpur di KLCC, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu, 26 Agustus 2017. Mochammad Syaiful Raharjo berhasil mengalahkan Wei Fu Chong dan menyabet medali emas. *
Judoka Indonesia Mochammad Syaiful Raharjo memegang lambang bendera Merah-Putih saat menyanyikan lagu Indonesia Raya usai final judo -66 Kg putra SEA Games XXIX Kuala Lumpur di KLCC, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu, 26 Agustus 2017. Mochammad Syaiful Raharjo berhasil mengalahkan Wei Fu Chong dan menyabet medali emas. *

JAKARTA, (PR).- Kemenpora memastikan bonus peraih medali SEA Games dan ASEAN Paragames 2017 mulai cair Jumat, 6 Oktober 2017 ini. Ada peningkatan bonus untuk peraih medali perak dan perunggu. 

Hal itu dipastikan oleh Deputi III Bidang Pembudayaan Olah Raga Kemenpora Raden Isnanta saat dihubungi "PR", Rabu, 4 Oktober 2017. Jumat nanti penyerahan bonus akan diberikan secara simbolis kepada para atlet SEA Games dan ASEAN Paragames yang tinggal di Jakarta. 

Percepatan pencairan ini sesuai dengan amanat dari Presiden RI Joko Widodo ketika menerima para atlet ASEAN Paragames di Istana awal pekan lalu, setelah sukses menjadi juara umum di Kuala Lumpur kemarin.

 

"Jadi pencairannya tidak langsung semua, tapi bertahap. Jumat itu mulainya, kami berikan secara simbolik dulu. Enggak semua, mengingat para atlet daerah pasti sudah pada kembali ke daerahnya, pasti akan sulit untuk bisa ke Jakarta dalam waktu yang cukup singkat ini. Ada dua tahap pencairan bonus atlet ini. Pertama akan diberikan kepada para atlet yang sudah lengkap data administrasinya. Yang pasti uangnya sudah ada, Insyaallah tidak akan berlarut cairnya," ujarnya.

 

Untuk besarannya, peraih medali emas tetap akan mendapatkan jumlah yang sama seperti tahun lalu yakni Rp 200 juta. Tapi besaran itu, untuk tahun ini hanya berlaku pada peraih emas nomor individu. Untuk beregu atau tim, jumlahnya, menurut Isnanta akan berbeda. 

"Sekarang ada rumus berbeda. Ada dua kelompok bonus. Pertama, kelompok perorangan dengan angka maksimal Rp 200 juta untuk emas. Lalu, kelompok kedua yakni beregu. Di beregu ada kategorinya juga, yakni nomor double, nomor permainan bertiga, atau tim. Mereka akan mendapatkan nilai yang berbeda. Contohnya tim voli yang meraih emas. Jika dulu 6 orang mendapatkan masing-masing Rp 200 juta, sekarang enggak. Hanya berapa persen saja dari Rp 200 juta," kata Isnanta.

Peraih perak dan perunggu 



Sementara untuk peraih perak dan perunggu, Isnanta memastikan akan ada kenaikan besaran bonus tahun ini. Dua tahun lalu, di SEA Games Singapura peraih perak perorangan mendapatkan Rp 50 juta dan perunggu Rp 30 juta.

"Memang untuk perak dan perunggu masih menunggu pengesahan dari Pak Menteri (Imam Nahrawi). Tapi pasti ada peningkatan. Usulan kami, 100 persen, dimana perak jadi dapat Rp 100 juta dan perunggu Rp 60 juta. Ini masih diperdebatkan," ucapnya.

Kenaikan ini, menurut dia, juga berlaku untuk kategori peraih perak dan perunggu untuk beregu. Namun hanya sedikit.

Kepastian kenaikan nilai besaran peraih perak dan perunggu ini, menurut dia, akan keluar pada Kamis sore ini. Hingga kemarin, menurutnya masih ada dua atlet lagi dari ASEAN Paragames yang masih harus dikonfirmasikan ulang untuk data administrasinya kepada pada pihak NPC untuk di validasi.

Pada SEA Games 2017, ada 38 peraih emas, 63 perak, dan 90 perunggu. Sementara di ASEAN Paragames, Indonesia menghasilkan 126 medali emas, 75 perak, dan 50 perunggu.

Dengan total 191 medali untuk SEA Games dan 251 medali untuk ASEAN Paragames, maka secara keseluruhan anggaran dana yang disiapkan sekitar Rp 100 miliar.

 

Terkait dengan apresiasi tambahan untuk menjadi calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) bagi penerima medali emas. Menurut Isnanta, masih perlu pembicaraan lanjutan dengan pihak Menpan-RB, hingga tidak akan diumumkan pada saat penyerahan bonus simbolik besok.***

Bagikan: