Pikiran Rakyat
USD Jual 14.012,00 Beli 14.110,00 | Sedikit awan, 23.4 ° C

Bekasi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Kyokushin 2017

Siska Nirmala Puspitasari

BEKASI, (PR).- Kota Bekasi, Jawa Barat, terpilih sebagai tuan rumah kejuaraan dunia karate Kyokushin ke-5 yang akan diselenggarakan pada 11-12 November 2017.

"Kejuaraan ini diperkirakan akan diikuti oleh lebih dari 40 perwakilan negara anggota Karate Kyokushin Union," kata Ketua Dewan Penasehat Kyokushin Kaygen Indonesia Mayjen TNI (Purn) Tatang Zainudin saat gala dinner Kejuaraan Dunia Karate Kyokushin ke-5 di Bekasi, Kamis, 7 September 2017 malam, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Menurut dia, terpilihnya Kota Bekasi sebagai tuan rumah merupakan sebuah penghargaan dan kepercayaan yang perlu diapresiasi lapisan masyarakat Indonesia. "Kyokushin Indonesia melalui pertemuan internasional dihadiri negara anggota telah memutuskan terpilihnya Kota Bekasi sebagai tuan rumah melalui rapat bersama ketua dewan wasit internasional. Bahkan mereka telah melihat langsung ke Kota Bekasi," katanya.

Dia menuturkan, atlet Indonesia tercatat telah mengukir prestasi internasional sebagai 8 besar atlet dunia Kyokushin atas nama Lucky MZ. "Lucky merupakan putra Bekasi yang tercatat sebagai warga Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan," katanya.

Tatang juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Manajemen Horison Bekasi yang memfasilitasi acara ini. "Kejuaraan Dunia Kyokushin ini adalah implementasi kegiatan rutin empat tahunan kami. Piala dunia pertama digelar di Osaka, kedua di Okinawa, ketiga di Kazakstan dan keempat Jerman. Untuk yang kelima tahun ini kita laksanakan di Kota Bekasi," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bekasi Rayendra Sukarmadji dalam sambutannya mengatakan rasa terima kasih kepada penyelenggara yang telah menunjuk Kota Bekasi terpilih sebagai tuan rumah.

"Ini sebuah kehormatan bagi pemerintah daerah atas kepercayaannya menggelar acara dunia ini di Kota Bekasi. Saya berharap Pemkot Bekasi bisa dilibatkan. Kita bisa beri keringanan terhadap pajak reklame promosi acaranya," katanya, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Kyokushin merupakan seni beladiri yang menggunakan sistem kontak langsung, tetapi diciptakan setelah mempertimbangkan kaidah keselamatan. 

Organisasi internasional Kyokushin didirikan oleh mendiang Sosai Masutatsu Oyama pada 1964 dan saat ini sudah tersebar di 123 negara dengan total anggota mencapai 12 juta orang. Adapun jenis dan kelas yang akan dipertandingkan terdiri atas Kumite Putra kelas di bawah 70 Kg, di bawah 80 Kg, dan di atas 80 Kg putra/bebas.

Kumite Putri kelas di bawah 56 Kg, di bawah 56 Kg dan di atas 65 Kg/bebas.  Adapun untuk kelas Kata terdiri atas putra/putri di atas 60 Kg.***

Bagikan: