Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Sebagian cerah, 28.2 ° C

Jelang Piala AFF, Timnas U-16 Mulai Asah Taktik

Wina Setyawatie
Pesepak bola Timnas Indonesia U-16 Brylian Negiehta Dwiki Aldama (tengah) melakukan selebrasi usai berhasil mencetak gol ke gawang Timnas Singapura U-16 Nicky Melvin Singh (kanan) dalam pertandingam persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 8 Juni 2017 lalu.*
Pesepak bola Timnas Indonesia U-16 Brylian Negiehta Dwiki Aldama (tengah) melakukan selebrasi usai berhasil mencetak gol ke gawang Timnas Singapura U-16 Nicky Melvin Singh (kanan) dalam pertandingam persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 8 Juni 2017 lalu.*

JAKARTA, (PR).- Memasuki 10 hari terakhir jelang Piala AFF U-15 2017 yang akan berlangsung pada 9-22 Juli mendatang di Thailand, Tim Nasional (Timnas) U-16 mulai memasukan banyak menu latihan taktik. Selain juga mengenjot kebugaran tubuh pemain setelah libur Lebaran kemarin.

Hal itu diungkapkan Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini kepada wartawan saat latihan Timnas di Cijantung pertengahan pekan ini. Menurut dia, kondisi pemain saat ini memang mengalami sedikit penurunan kebugaran setelah libur singkat. 

Tapi kondisi itu tidak mengkhawatirkan, mengingat dalam sepekan terakhir ini dia akan mencoba kembali menaikan kebugaran pemainnya. Meskipun tidak lagi terfokus pada latihan-latihan fisik. 

"Memasuki 10 hari jelang turnamen kami mulai fokus pada persiapan taktik khusus. Menu latihan fisik sudah tidak ada lagi. Kondisi fisik pemain masih terjaga, meskipun kebugarannya harus dinaikan sedikit," ungkapnya.

 

Latihan taktik yang diberikannya sejak pertengahan pekan ini nantinya akan dicoba dipraktekan oleh pemainnya pada saat laga uji coba terakhir. Ini kemungkinan akan jadi penentuan terakhir sebelum akhirnya 23 nama pemain yang akan dibawa ke Thailand di rilis. Saat ini ada 27 pemain yang berlatih di pemusatan latihan. 

Pada uji coba yang rencananya akan digelar pada Selasa, 4 Juli 2017, Timnas U-16 akan bertanding menghadapi dua tim sekaligus yaki Persija U-16 dan Bina Mutiara. Untuk menghadapi kedua tim tersebut, Skuat Timnas akan dibagi menjadi dua tim.

"Seperti biasa, tim akan dibagi menjadi dua. Mereka akan main dua kali, mulai pukul 14.00 WIB. Tiap pertandingan akan berlangsung selama 2 x40 menit," ungkap Fakhri.

 

Dalam uji coba nanti, selain ingin melihat sejauh mana pemahaman pemainnya akan taktik strategi permainan, dia juga ingin melihat kinerja pemainnya. Mengingat pemain yang dipilihnya nanti, menurutnya harus bisa memenuhi empat syaratnya. 

"Yakni, baik secara fisik, mental, teknik, dan taktik. Empat hal ini jadi persyaratan utama tidak bisa ditawar. Mengingat pemain yang dibawa haruslah pemain yang siap semua. Saya tidak mau ada ketergantungan kepada pemain tertentu saja. Kita perlu menjaga kedalaman tim," ungkapnya.

Pengumuman nama-nama pemain sendiri akan dilakukan jelang keberangkatan pada 7 Juli mendatang atau dua hari sebelum pertandingan pertama Timnas melawan Myanmar.***

Bagikan: