Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 29.7 ° C

Susy Susanti Minta Timnas Bulutangkis Jaga Kondisi Menuju Australia

Wina Setyawatie

JAKARTA, (PR).- Jelang keberangkatan menuju Piala Sudirman 2017 di Gold Coast, Australia, para atlet bulutangkis yang tergabung di Timnas Indonesia diminta menjaga kondisinya. Kendati sejauh ini, kata Susy Susanti, hanya Praveen yang belum fit 100 persen. 

Tim yang berkekuatan 20 pemain putra dan putri akan berangkat menuju Australia dengan pesawat Singapore Airlines tujuan Brisbane, Rabu, 17 Mei 2017 malam. 

"Saya hanya berpesan para pemain untuk jaga kesehatan jelang keberangkatan. Jaga makan dan kondisi fisik," kata Manajer Tim Sudirman Indonesia, Susy Susanti di Pelatnas PP PBSI Cipayung, Jakarta, Sabtu, 13 Mei 2017. 

Memasuki 10 hari terakhir persiapan, Susy mengatakan jika latihan sudah mulai diturunkan tensinya. Latihan pun juga lebih banyak penekanan pada teknik, dengan lebih banyak game untuk adaptasi pemain bagaimana melatih strategi pada bola poin-poin kritis. Khusus untuk fisik, hanya untuk menjaga saja dan bukan untuk pembentukan otot. 

"Tapi yang pasti fokusnya di 10 hari terakhir ini adalah kebersamaan. Karena untuk tim ini komunikasi yang paling utama, saling support. Sejauh ini sih mereka sudah keliatan berbaur satu sama lain," tuturnya. 

Kendati belum tahu bagaimana kondisi di sana nanti, namun menurut Susy tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Secara makanan disana dan Indonesia hampir sama, tapi memang aturannya akan lebih ketat. Bahwa pemain tidak boleh makan sendiri. Itulah mengapa PBSI membawa dokter nutrisi untuk menakar makanan yang masuk ke pemain. 

"Iklim disana yang sedang dingin angin yang mesti sedikit diwaspadai. Jadi pemain harus hati-hati karena agak berangin, kalau mereka keluar dari stadion mereka harus jaga kondisi. Karena anginya yang agak jahat, meski kalau dingin enggak sedingin Eropa," imbuhnya.

Simulasi kecil



Gambaran kesiapan para pemain terjun di pertandingan Piala Sudirman 2017 di Gold Coast, Australia, 21-28 Mei mendatang sudah kelihatan di simulasi kecil yang digelar di di Pelatnas PBSI Cipayung, Sabtu, 13 Mei 2017. Suasana, fokus dan konsentrasi dinilai sudah didapat oleh pemain. 

"Karena Piala Sudirman ini kejuaraan beregu, maka simulasi ini melatih mereka bukan hanya bermain untuk dirinya sendiri saja tapi untuk tim. Itu sudah mulai tampak dari keseriusan mereka di simulasi kemarin. Meski tidak dilakukan terbuka, tapi yang penting kita dapat suasananya, fokusnya, dan konsennya. Untuk bisa lebihPi membiasakan diri. Terlebih banyak diantara para pemain yang baru pertama kali turun di kejuaraan beregu ini," ucap Susy.***

 

Bagikan: