Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Sebagian berawan, 18.8 ° C

Liliyana Natsir Absen, Ini Daftar Pemain Piala Sudirman 2017

Wina Setyawatie
PASANGAN Indonesia, Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir saat bertanding melawan pasangan Australia, Sawan Serasinghe-Setyana Mapasa pada ajang BCA Indonesia Open 2016 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa 31 Mei 2016. Dalam pertandingan tersebut pasangan Indonesia menang mudah dengan skor 21-10, 21-6.*
PASANGAN Indonesia, Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir saat bertanding melawan pasangan Australia, Sawan Serasinghe-Setyana Mapasa pada ajang BCA Indonesia Open 2016 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa 31 Mei 2016. Dalam pertandingan tersebut pasangan Indonesia menang mudah dengan skor 21-10, 21-6.*

JAKARTA, (PR).- Liliyana Natsir tak akan memperkuat Indonesia di kejuaraan beregu campuran Piala Sudirman 2017 di Gold Coast, Australia, 21-28 Mei mendatang. Absennya spesialis ganda campuran itu karena masih harus memulihkan cedera lututnya. 

Liliyana Natsir tidak tercantum dalam daftar pemain yang dirilis oleh PP PBSI. Posisi Liliyana dalam skuad timnas digantikan oleh Gloria Emanuelle Widjaja. 

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI yang sekaligus manajer tim Piala Sudirman Indonesia, Susy Susanti mengatakan, cedera Liliyana belum 100 persen pulih. Penampilannya dipastikan tidak akan maksimal. Padahal kompetisi di Piala Sudirman 2017 membutuhkan pemain yang siap bertanding.

Cedera lutut Liliyana Natsir sendiri diperolehnya sejak Tiongkok Terbuka 2016 lalu. Sama halnya dengan Liliyana, spesialis ganda putri, Ni Ketut Mahadewi Istarani juga tak terdaftar. Sama dengan Liliyana, lututnya mengalami cedera.

"Cedera lututnya juga belum 100 persen. Terlebih Ketut juga di beberapa turnamen sebelumnya pernah mengalami sesak nafas. Akhirnya, namanya pun digantikan oleh pemain muda Apriani Rahayu," kata Susy. 

Daftar Pemain Piala Sudirman 2017



Di sektor putra, di tunggal ada dua wakil yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Sedangkan nomor gandanya memberangkatkan tiga pasangan, yakni Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, dan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro. 

Sektor putri menurunkan tiga pemain tunggal, yaitu Fitriani, Dinar Dyah Ayustine, serta Gregoria Mariska Tunjung. Sementara nomor ganda diperkuat oleh Greysia Polii/Della Destiara Haris, Rosyita Eka Putri Sari/Anggia Shitta Awanda, dan Apriani Rahayu.

Meski Liliyana Natsir absen, Tontowi Ahmad tetap bermain. Dua pasang ganda campuran telah disiapka. Mereka adalah Tontowi Ahmad/Gloria dan Praveen Jordan/Debby Susanto. 

"Kuota di ganda putra memang lebih banyak karena nomor ini adalah nomor andalan kami untuk menyumbang angka, istilahnya ganda putra wajib menang. Sedangkan tunggal putra masih 50-50 peluangnya," katanya.

Sementara terkait susunan di putri yang berbeda dengan sektor putra, menurutnya karena pemain dipilih berdasarkan persiapan strategi yang dibuat serta data head to head dengan lawan. 

"Terutama di sektor tunggal putri," ujar Susi menambahkan. 

Seperti yang pernah dinyatakan sebelumnya, Susy kembali menegaskan, jika timnya ditarget minimal bisa mencatatkan hasil menembus babak semifinal. Hal itu, menurutnya, melihat dari peringkat pemain Indonesia dalam kejuaraan yang dihelat dua tahun sekali tersebut.***

Bagikan: