Pikiran Rakyat
USD Jual 14.118,00 Beli 14.216,00 | Sebagian cerah, 30 ° C

Indonesia Favorit Tuan Rumah Piala Asia U-19

Siska Nirmala Puspitasari
Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri (tengah) memberikan arahan saat seleksi dan pelatihan calon pemain Timnas U-19 di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Senin, 27 Maret 2017 lalu.*
Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri (tengah) memberikan arahan saat seleksi dan pelatihan calon pemain Timnas U-19 di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Senin, 27 Maret 2017 lalu.*
JAKARTA, (PR).- Indonesia menjadi favorit sebagai tuan rumah Piala Asia U-19 2018. Hal ini setelah Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memberikan persetujuan prinsip.

Hal tersebut diutarakan Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono. "Secara prinsip semuanya sudah selesai. Namun, Indonesia wajib memenuhi tahap lanjutan seperti verifikasi, administrasi dan lain-lain," ujarnya yang saat ini juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal PSSI, di Jakarta, Sabtu 22 April 2017, seperti dilaporkan Kantor Berita Antara.

Dia melanjutkan, sampai ada keputusan resmi, semua negara peserta Piala Asia U-19 termasuk Indonesia harus melalui kualifikasi pada 31 Oktober-8 November 2017. Jika menjadi tuan rumah, maka tim nasional negara bersangkutan langsung lolos ke putaran final.

Seperti dilansir Kantor Berita Antara, sebelumnya Indonesia mendapat "lampu hijau" untuk menyelenggarakan Piala Asia U-19 2018 dari AFC. Dalam pertemuan dengan PSSI pada Februari 2017 lalu, Sekretaris Jenderal AFC Dato Windsor John mengatakan akan memprioritaskan Indonesia dalam program-program AFC termasuk soal menjadi tuan rumah kejuaraan-kejuaraan di bawah kendalinya.

"Kami akan memprioritaskan Indonesia di program-program AFC, termasuk menjadi tuan rumah turnamen-turnamen tingkat Asia. Bersama Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi, kami ingin sepak bola Indonesia ke tahap yang lebih tinggi," tutur Dato Windsor.

Adapun di kualifikasi Piala Asia U-19 2018, tim nasional U-19 Indonesia yang dilatih Indra Sjafri berada di Grup F bersama Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste dan Brunei Darussalam. Seluruh pertandingan di grup ini diadakan di Korea Selatan sebagai tuan rumah kualifikasi.

Akan tetapi, sebelum tampil di kualifikasi Piala Asia, mereka akan tampil terlebih dahulu di Piala AFF U-18, September 2017 di Myanmar.

Babak kualifikasi Piala Asia U-19 2018 sendiri diikuti negara-negara anggota AFC yang dipecah dalam dua zona, barat dan timur, terbagi dalam 10 grup. Nantinya yang berhak lolos ke Piala Asia U-19 adalah 10 juara grup, lima peringkat dua terbaik, dan satu jatah tuan rumah.

Berikut pembagian lengkap grup kualifikasi Piala Asia U-19 2018.

Zona Barat Grup A: Bahrain, Uni Emirat Arab, Oman, Nepal, Kirgizstan (tuan rumah kualifikasi) Grup B: Uzbekistan, Tajikistan (tuan rumah kualifikasi), Bangladesh, Sri Lanka, Maladewa Grup C: Irak, Qatar (tuan rumah kualifikasi), Lebanon, Afghanistan Grup D: Arab Saudi (tuan rumah kualifikasi), Yaman, Turkmenistan, India Grup E: Iran (tuan rumah kualifikasi), Palestina, Yordania, Suriah Zona Timur Grup F: Korea Selatan (tuan rumah kualifikasi), Malaysia, Timor Leste, Brunei Darussalam, Indonesia.

Grup G: China, Myanmar, Filipina, Kamboja (tuan rumah kualifikasi) Grup H: Vietnam, Laos, Taiwan, Makau Grup I: Jepang, Thailand, Singapura, Mongolia (tuan rumah kualifikasi) Grup J: Australia, Korea Utara, Hong Kong, Kepulauan Mariana Utara.***
Bagikan: