Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 14.187,00 | Umumnya cerah, 20.5 ° C

FIFA Ungkap Pembagian Slot 48 Tim Piala Dunia

Siska Nirmala Puspitasari
ZURICH, (PR).- Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA mengumumkan alokasi slot peserta Piala Dunia 2026 mendatang. Pada Kamis, 30 Maret 2017 waktu setempat mereka mengungkapkan bahwa pengalokasian slot peserta tersebut telah dituangkan dalam proposal yang akan diajukan kepada Dewan FIFA pada pertemuan penuh selanjutnya di Bahrain pada Mei 2017 mendatang untuk keputusan final.

Seperti dilaporkan Reuters, dalam proposal tersebut disebutkan, Eropa akan mendapatkan 16 tempat. Sementara itu sembilan tempat untuk Afrika, delapan untuk Asia, enam untuk Amerika Selatan, enam untuk Concacaf, dan satu untuk Oceania, total 46 tim.

Negara tuan rumah akan lolos otomatis dan slotnya akan diambil dari alokasi konfederasinya.

Adapun dua spot tersisa akan diisi oleh tim dari turnamen playoff antara zona. Inilah bagian yang paling inovatif dari proposal yang diajukan FIFA tersebut. FIFA menjelaskan, dua posisi tersisa akan ditentukan melalui turnamen playoff enam tim yang akan diambil dari tuan rumah Piala Dunia, kemungkinan pada November sebelum final.

Turnamen tersebut akan melibatkan satu tim dari tiap konfederasi, kecuali UEFA. Dan satu slot tambahan dari benua tuan rumah.

Seperti diketahui sebelumnya, FIFA memutuskan pada Januari 2017 untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia dari 32 tim menjadi 48 tim.

Adapun alokasi saat ini adalah 13 posisi untuk Eropa, lima untuk Afrika, empat untuk Asia dan Amerika Selatan, dan tiga untuk CONCACAF. Asia, Amerika Selatan, CONCACAF, dan Oseania juga mendapatkan tempat pada dua pertandingan playoff antar zona.

Penambahan jumlah tim dan juga pembagian alokasi slot peserta tersebut, memperlihatkan betapa sepak bola telah berkembang di seluruh dunia selama 40 tahun terakhir.

Pada 1978, ketika Piala Dunia hanya diikuti 16 tim, Afrika dan CONCACAF hanya mendapatkan satu tempat sedangkan Asia dan Oseania berbagi satu tempat di antara mereka.

Menurut daftar peringkat dunia FIFA, sembilan teratas di Afrika saat ini mencakup Burkina Faso, yang belum pernah bermain di Piala Dunia, dan Republik Demokratik Kongo, yang pernah ambil bagian saat masih bernama Zaire pada 1974.

Enam tim teratas CONCACAF termasuk Panama dan Haiti, sedangkan St Kitts and Nevis berada di peringkat ketujuh.

Delapan tim teratas Asia termasuk Uzbekistan dan Qatar, sedangkan China di peringkat kesembilan dan Suriah di peringkat kesepuluh.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan bahwa pihaknya puas dengan proposal pembagian alokasi slot peserta tersebut. "Kami merasa UEFA direpresentasikan dengan adil, dengan jumlah 16 negara yang akan berkompetisi dalam format baru Piala Dunia," ujarnya seperti dilansir Reuters.***
Bagikan: