Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 18.8 ° C

Porda dan Peparda Diharapkan Rampung Oktober 2018

Handri Handriansyah
Jajaran pengurus NPC Jabar beraudiensi demhan Dispora Kabupaten Bogor di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Senin, 23 Januari 2017.*
Jajaran pengurus NPC Jabar beraudiensi demhan Dispora Kabupaten Bogor di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Senin, 23 Januari 2017.*
CIBINONG, (PR).- Pemerintah Kabupaten Bogor berharap Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) tuntas digelar sebelum akhir Oktober 2018. Dengan begitu administrasi kegiatan dan pelaporan keuangan bisa dirampungkan dengan tertib tanpa terburu-buru.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor Yusuf Sadeli mengatakan, Pemda di manapun termasuk Kabupaten Bogor memang harus menyelesaikan laporan penggunaan anggaran anual sebelum akhir tahun. "Jika Porda atau Peparda lewat dari Oktober, kami jelas akan keteteran menyusun laporan," ujarnya saat menggelar audiensi bersama jajaran pengurus NPC Jabar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Senin, 23 Januari 2017.

Menurut Yusuf, sejauh ini KONI Jabar sudah menjadwalkan Porda pada awal Oktober 2018. Oleh karena itu, Peparda masih memungkinkan digelar paling lambat pertengahan Oktober.

Selain menyampaikan alternatif waktu pelaksanaan, Yusuf pun memberi keleluasaan kepada National Paralympic Commitee (NPC) Jawa Barat untuk menentukan panitia besar pekan paralimpik daerah (Peparda) terpisah dari Pekan Olahraga Daerah 2018. Jika ingin panitia terpisah, Pemkab Bogor akan mengajukan usulan kepanitian baru untuk disahkan dengan surat keputusan NPC Jabar.

Terkait jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Peparda 2018, Yusuf juga tidak akan membatasi. Meski baru membina 9 cabor, tuan rumah tetap akan mewadahi cabor lain demi kepentingan pembinaan vertikal jangka panjang.

"Kami paham jika NPC Jabar juga menjadikan Peparda sebagai ajang penjaringan atlet untuk Peparnas XVI Papua 2020. Oleh karena itu kami akan wadahi semua cabor yang diusulkan," tutur Yusuf.

Seperti diberitakan sebelumnya, NPC Jabar sendiri sudah mengajukan usulan awal agar Peparda 2018 mempertandingkan 12 cabor. Cabor-cabor tersebut merupakan yang dipertandingkan di Peparnas XV 2016 lalu, kecuali sepakbola Cerebral Palsy. ***
Bagikan: