Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 25.6 ° C

Pengundian Peserta Piala Presiden Digelar Akhir Januari

Wina Setyawatie
TIM Persib Bandung berhasil menjuarai Piala Presiden 2015 di Stadion Utama Gelora Bung karno, Jakarta, Minggu 18 Oktober 2015. Dalam partai final, Persib Bandung menaklukan Sriwijaya FC dengan skor 2-0.*
TIM Persib Bandung berhasil menjuarai Piala Presiden 2015 di Stadion Utama Gelora Bung karno, Jakarta, Minggu 18 Oktober 2015. Dalam partai final, Persib Bandung menaklukan Sriwijaya FC dengan skor 2-0.*
JAKARTA, (PR).- Proses finalisasi penyelenggaraan Piala Presiden akan dilakukan Selasa 24 Januari 2017 mendatang. Finalisasi itu termasuk mengundang 20 tim peserta Piala Presiden untuk melakukan pengundian.

"Proses finalisasi di technical meeting, Selasa depan. Kami akan undang 20 tim peserta ke Jakarta. Pada hari yang sama, proses pengundian pun akan dilakukan sekalian," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Ade Wellington di Kantor PSSI, Grand Rubina, Jakarta, Jumat 20 Januari 2017.

Format penyelenggaraan Piala Presiden kali ini berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya pada 2015 lalu. Karena akan menjadi turnamen pembuka kompetisi baru PSSI musim 2017, peserta Piala Presiden tahun ini akan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, yakni 18 klub Liga Super Indonesia ditambah dua finalis Indonesia Soccer Championship B yaitu PSCS (Ciamis) dan PSS (Sleman).

Pada 2015 lalu, turnamen ini hanya diikuti 16 klub di antaranya 13 klub dari QNB League dan 3 klub lainnya dari Divisi Utama.

"Turnamen ini akan digelar mulai 31 Januari hingga pertengahan Maret mendatang. Karena sebagai preseason, kami akan memanfaatkannya untuk uji coba aturan Liga 1 2017 nanti terkait regulasi baru seperti pemain asing, pembatasan usia pemain, dan U-23 sudah diupayakan masuk line up dan bermain," ucapnya.

Akan ada lima tuan rumah penyelenggara dan setiap daerah akan diisi oleh empat tim peserta. Kelima daerah tuan rumah penyelenggara adalah Bali, Madura, Sleman, Bandung, dan Malang.

"Mengapa tuan rumah tidak keluar dari Pulau Jawa, karena kami ingin membuat sesimpel mungkin mengingat ini jadi uji coba untuk kompetisi musim depan. Skemanya akan dilakukan pertandingan serentak di lima kota tersebut. Sementara operator akan kami pegang sendiri. Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) dari PSSI, sementara untuk panpel lokal (LOC) akan kami perdayakan dari lima daerah. Untuk final, maunya di Pakansari, Cibinong, tapi itu belum diputuskan," ujar Ade.

Meski digelar sebagai laga uji coba untuk kompetisi musim depan, tapi prestise turnamen, menurutnya, tetap akan dijaga termasuk memberikan jumlah hadiah yang berbeda. Sayangnya, Ade, tidak mau merinci jumlah hadiah tersebut.

"Hadiah beda-beda tipis dengan episode sebelumnya. Tapi saya belum bisa memberitahukan berapa peningkatan atau penurunannya tapi tidak akan beda jauh. Yang pasti prestisenya tidak akan berkurang. Broadcast TV ada di Emtek Grup," ujarnya.

Pada 2015 lalu, penyelenggaraan diserahkan kepada pihak ketiga, Mahaka Sport. Penyelenggaraan dua tahun lalu itu dinilai sukses besar karena didukung langsung oleh Presiden RI. Terlebih lagi hadiahnya pun cukup besar yakni Rp 3 miliar.***
Bagikan: