Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Sedikit awan, 20.4 ° C

Terobosan Baru Perekrutan Pemain Asing IBL

Wina Setyawatie
JAKARTA, (PR).- Perekrutan pemain asing untuk ajang Indonesian Basketball League (IBL) untuk musim kompetisi 2017 digarap profesional. Jika biasanya perekrutan pemain asing dilakukan sendiri oleh klub, maka terobosan baru pun dilakukan oleh Liga untuk meningkatkan daya saing kompetisi bola basket tertinggi di tanah air tersebut dengan adanya "draft day".

Ada sebanyak 113 pemain asing yang berasal dari lima agen yang bisa dipilih oleh 11 klub peserta IBL untuk memperkuat mereka. Acara undian pun dilakukan kemarin, Senin 5 Desember 2016 malam, di Financial Hall Graha Niaga, Jakarta.

"Sistem draft ini baru pertama kali dilakukan di kompetisi bola basket Indonesia. Ini adalah terobosan baru untuk perekrutan pemain asing secara terbuka. Dimana setiap tim bisa melihat dan mengatur startegi untuk merekrut pemain asing incaran. Jadi pelatih bisa melihat kekuatan apa yang dicari oleh para lawan-lawannya. Ini bisa lebih meramaikan liga dan meningkatkan kompetitif kompetisi," kata Direktur IBL Hasan Gozali.

Jika sesuai regulasi, ke-11 tim wajib memiliki dua pemain asing. Sistem ini diawali dengan pengundian urutan pemilih dari 11 klub tersebut untuk memilih pemain pertama.

Klub yang mendapatkan undian pertama bisa dengan leluasa memilih pemain dengan peringkat draft terbaiknya. Pemilihan berlanjut hingga tim ke-11 sudah mendapatkan satu pemain. Panpel pun memberikan masing-masing 5 menit untuk para tim memilih dan menyusun stategi.

Hal itu diulang lagi untuk mendapatkan pemain asing kedua dengan urutan terbalik. Ada beberapa catatan yang harus dipatuhi sebelum menetapkan pemain Asing, pertama, klub hanya bisa memilih pemain untuk posisi 1 bigman dan 1 guard. Untuk pemilihan pemain kedua, para klub-klub ini juga diwajibkan untuk memilih pemain dengan tinggi maksimal 188 cm.***
Bagikan: