Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Sebagian berawan, 18.8 ° C

Ajang Tarung Bebas MMA Jadi Pemanasan Jelang Porda

Irfan Subhan
BANDUNG, (PR).- Ajang Duel Tarung Bebas MMA yang diadakan oleh Bandung Fighting Club (BFC), di Metro Indah Mall (MIM), Jalan Soekarno-Hatta, Minggu 4 Desember 2016, juga menjadi ajang pemanasan bagi beberapa atlet bela diri Pelatda Jabar sebelum tampil di Porda XIII/2016 di Kabupaten Bogor.

"Ada beberapa atlet Pelatda PON kemarin yang ikut di even ini mulai dari atlet wushu nomor sanda, gulat, dan tinju. Secara tidak langsung ini juga jadi semacam ajang pemanasan bagi para atlet ini sebelum meraka ikut di kejuaraan lainnya atau Porda tahun 2018 nanti di Kabupaten Bogor," kata Ketua Umum Bandung Fighting Club, Edwin Senjaya usai konferensi pers, di Metro Indah Mall, Sabtu 3 Desember 2016.

Pada Duel Tarung Bebas MMA ini, empat petarung asal BFC yang akan turun pada partai utama merupakan atlet PON XIX/2016 yang memperkuat Jabar seperti Iman Lesmana, Yudi Cahyadi, dan Selviah Pertiwi yang merupakan atlet wushu, sedangkan Gugun Gusman merupakan atlet gulat.

Edwin mengatakan, dua petarungnya yang akan tampil memperebutkan sabuk duel yaitu Gugun Gusman dan Yudi Cahyadi diharapkan mampu mengalahkan lawan-lawannya yang merupakan petarung MMA profesional asal Filipina.

Gugun Gusman yang turun di lighter weight kelas 61 Kg, akan menghadapi petarung asal klub Hyper MMA Filipina, James. Sementara Yudi Cahyadi yang turun pada kelas bantam 65 kg, akan menantang Arnel Lomibao yang juga berasal dari Hyper MMA Filipina.

"Even ini sebenanrnya merupakan agenda rutin dari BFC. Sebelumnya dua tahun lalu juga diadakan di Kampung Gajah dan sempat terputus karena persiapan PON. Mudah-mudahan kedepannya terus berlanjut, karena ini bisa sabagai ajang untuk mengasah kemampuan dan menambah jam terbang para petarung," kata Edwin.

Dia menambahkan pada Duel Tarung Bebas MMA kali ini, untuk pertama kalinya memperebutkan sabuk duel MMA dari Federasi Beladiri Profesional Indonesia atau FBPro. Selain main even, ada 17 partai MMA ditambah 1 partai kickboxing professional pada acara tersebut.

"Dua atlet asal Filipina ini bukan petarung MMA sembarangan, bisa dilihat ditayangan Youtube rekam jejak mereka. Dan diprediksi akan menjadi pertarungan yang sangat seru," katanya.

Edwin mengatakan, pada partai kick boxing professional putri, hanya akan menampilkan kelas 54 Kg antara Selviah Pertiwi yang merupakan atlet Jabar peraih emas PON wushu melawan Falda dari Warrior Indonesia.

Selain itu pada partai utama nontitel kelas welter juga diprediksi akan berlangsung sengit, saat atlet wushu Jabar peraih emas PON, Iman Lesmana akan ditantang oleh petarung asal Amerika Serikat asal Pegasus Sport Camp, Austin.

Sekretaris FB Pro, Jesse Ariestya mengatakan, untuk partai MMA setiap kelasnya hanya akan berlangsung selama tiga ronde, dengan durasi setiap ronde selama lima menit. “Pada ajang ini kita menggunakan system kesetaraan, artinya masing-masing petarung menghadapi lawan yang setara baik secara skill maupun pengalaman,” ucapnya.***
Bagikan: