Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 25.6 ° C

Ini Profil Empat Stadion Alternatif Semifinal AFF 2016

Siska Nirmala (error)

BANDUNG,(PR).- Tim Nasional Indonesia akan menjajal semifinal leg pertama, AFF 2016 pada Sabtu 3 Desember 2016 mendatang. Hingga saat ini stadion yang akan digunakan untuk menggelar pertandingan semifinal menjamu Vietnam tersebut masih belum dipastikan.

PSSI menyebut terdapat empat alternatif stadion yang diajukan pada pihak penyelenggara AFF. Pihak AFF sendiri akan melakukan peninjauan langsung ke stadion yang diajukan, pada Senin 28 November 2016 nanti.

Sekretaris Jendral PSSI, Ade Wellington sebelumnya menyebutkan terdapat empat alternatif stadion yang dipertimbangkan untuk digunakan sebagai panggung semifinal AFF 2016. Keempat alternatif stadion dipilih karena pertimbangan kapasitas penonton yang cukup besar, setelah stadion Gelora Bung Karno Jakarta tidak dapat digunakan karena tengah direnovasi.

Berikut profil keempat alternatif stadion untuk semifinal AFF 2016.

1. Stadion Pakansari

Stadion yang terletak di Cibinong, Bogor ini menjadi salah satu opsi utama untuk pelaksanaan semifinal leg pertama, AFF 2016. Memiliki kapasistas 30.000 penonton, lapangan Stadion Pakansari saat ini juga tengah dalam kondisi yang baik. Stadion yang selesai dibangun pada 2014 tersebut merupakan stadion bertaraf internasional, dan kerap menjadi arena pertandingan berbagai ajang olahraga.

2. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Stadion GBLA terletak di kawasan Gedebage, Kota Bandung. Stadion yang diresmikan pada 2013 lalu itu, memiliki kapasitas hingga sekitar 40.000 penonton. Terakhir kali, GBLA baru saja digunakan pada hajat nasional PON XIX Jabar 2016 pada akhir September 2016 lalu. Seusai pelaksanaan PON, stadion GBLA tidak digunakan sementara untuk perbaikan rumput lapangan stadion yang rusak. Diketahui, PB PON mengalokasikan anggaran hinga Rp 400 juta untuk perbaikan dan pemulihan rumput GBLA.  

3. Stadion Manahan Solo

Stadion Manahan Solo, memiliki kapasitas 35.000 penonton. Stadion yang diresmikan pada tahun 1998 ini kerap menjadi alternatif bagi Tim Nasional Indonesia untuk berlaga. Selain karena kapasitas stadion, kondisi lingkungan Solo yang kondusif juga menjadi salah satu pertimbangan. 

4. Stadion Maguwoharjo

Stadion yang terletak Sleman, Yogyakarta ini memiliki kapasitas 40.000 penonton. Stadion yang juga bertaraf internasional ini juga kerap menjadi alternatif perhelatan ajang-ajang sepakbola nasional. Namun akses menuju stadion masih menjadi kendala karena minim kendaraan umum, dan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. ***

Bagikan: