Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 14.187,00 | Sedikit awan, 26.3 ° C

Pemanasan IBL, Bandung Utama Punya Amunisi Baru

Wina Setyawatie
JAKARTA, (PR).- Setelah ditinggal beberapa pemainnya, seperti Surliyadin, Gian Gumilar, dan Daniel Eka Putra, tiga nama baru mengisi skuad JNE Bandung Utama dalam Perbasi Cup 2016 yang akan berlangsung pada 23-30 Oktober 2016 di GOR Soemantri Brojonegoro, Jakarta. Dengan semangat pemanasan jelang IBL musim 2017, tambahan tiga pemain baru itu diharapkan bisa membawa angin segar di tim.

"Total perombakan pemain tidak terlalu besar. Hasil sekitar 70 persen pemain lama yang memperkuat tim. Ini akan jadi awal baik untuk pemanasan jelang kompetisi IBL nanti," ujar CEO PT Bandung Utama Raya, Dennis Depriadie.

Jika melihat daftar pemain yang dikeluarkan panpel Perbasi Cup, tercatat tiga nama baru yakni Vincent Tantri, Fakhri Husnul Insani, dan Bayu Anggara yang memperkuat Bandung Utama. Vincent sendiri merupakan pemain Liga Mahasiswa yang memperkuat Universitas Parahyangan (Unpar). Sokongannya membuat Unpar sendiri menjadi runner-up LIMA Basketball Blibli.com West Java Conference pada musim 2016 ini. Sementara Bayu sendiri pernah membela Satria Muda pada ajang Liga Bola Basket Nasional (NBL) musim 2012-2013 dan musim IBL lalu dia membela Stadium Happy 8 Jakarta. Sedangkan Fakhri merupakan pemain binaan asal Jabar.

Sesuai Jadwal pertandingan, Bandung Utama yang tergabung di Pool A, baru akan melakoni partai pertamanya pada Senin, 24 Oktober 2016 ini melawan Stadium. Lalu di laga kedua, sehari kemudian akan melawan juara IBL Musim lalu CLS Knight yang kini diperkuat oleh Jarron Crump pemain NCAA yang memperkuat Pacific Union College di tahun 2016.

Tim akan mendapatkan jeda libur selama satu hari, Rabu, 26 Oktober 2016, dan esoknya Bandung Utama akan menghadapi NSH Jakarta. Pertandingan fase penyisihan pool terakhir akan dimainkan pada Jumat, 28 Oktober 2016 melawan Satria Muda.

Di tahun ini, Perbasi memberikan keistimewaan untuk memperbolehkan para tim-tim peserta untuk menggunakan dua pemain asing. Tambahan ini dimaksudkan akan memperkuat aroma persaingan dalam turnamen. Selain juga membiasakan para pemain lokal bermain dengan pemain asing, mengingat turnamen ini juga menjadi ajang seleksi pemain Timnas SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

"Harapannya dengan memperbolehkan rekrutmen dua pemain asing ini juga akan membantu klub meningkatkan performanya secara tim maupun secara individu pemain, mengingat kedepannya ada dua event internasional yang akan dihadapi. Selain itu, diharapkan dengan adanya pemain asing, animo masyarakat pun untuk datang menonton langsung akan lebih besar," ujarnya Sekjen PP Perbasi Budisatrio Djiwandono.

Ketua Panitia Pelaksana Fareza Tamrella menambahkan pemain asing ini merupakan hasil kesepakatan dengan klub-klub peserta. Tidak ada batasan salary cap ataupun jam terbang sebagai standar rekrutmen klub. Murni ujarnya semua disesuaikan dengan kebutuhan klub masing-masing.

"Panpel memberikan keleluasaan klub untuk merekrut pemain asing yang sesuai kebutuhan tim. Buat kami, semakin jago pemain asingnya, dan semakin atraktif aksinya makin bagus karena pasti akan makin meriah. Lalu, dengan tambahan pemain asing ini, tim-tim yang musim kompetisi IBL lalu tidak bisa masuk playoff bisa lebih bersaing dengan tim-tim papan atas," tuturnya.

Sedikitnya ada lima tim dari 10 peserta Perbasi Cup yang menurut Fareza memanfaatkan tambahan dua pemain asing. Mereka yakni CLS Surabaya, Satria Muda Jakarta, Aspac Jakarta, Hang Tuah Sumsel, dan Pasific Caesar Surabaya. Rata-rata para pemain asing ini pernah bermain di ASEAN Basketball League (ABL) dan berasal dari Amerika Serikat.***
Bagikan: