Pikiran Rakyat
USD Jual 14.223,00 Beli 13.923,00 | Langit umumnya cerah, 21.6 ° C

Bantai Thailand, Australia Juara Piala AFF U-19

HANOI, (PR).- Thailand gagal mempertahankan gelar juara Piala AFF U-19 setelah di partai final mereka dibantai Australia dengan skor 5-1, Sabtu 24 September 2016. Bagi Australia, kemenangan di Stadion Hang Day, Vietnam, ini sekaligus menuntaskan misi balas dendam. Pada babak penyisihan grup B beberapa hari sebelumnya, tim negeri kangguru itu dihajar Thailand dengan skor yang sama, 5-1.

Berkaca dari kekalahan tersebut, Australia tidak ingin membuang waktu untuk menekan Thailand. Baru sebelas menit pertandingan berjalan, Australia sudah unggul 1-0. Tandukan Keanu Baccus yang memanfaatkan umpan sepak pojok Connor O’Toole berhasil mengoyak jala gawang Thailand. Setelah gol itu, para pemain Thailand mencoba menemukan ritme permainan mereka. Sayangnya upaya mereka tidak membuahkan hasil karena Australia bermain cukup disiplin.

Pada menit ke-20, Australia memperlebar keunggulan menjadi 2-0 melalui sepakan Steve Kuzmanovski. Tertinggal dua gol, Thailand masih tetap sulit mengembangkan permainan, tidak seperti apa yang mereka tunjukkan di babak penyisihan grup. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Young Socceroos justru makin asyik melancarkan serangan sementara Thailand tampil di bawah tekanan. Hanya dalam tempo empat menit, Australia menghujani gawang Thailand melalui gol George Blackwood (73’), Joseph Champness (75’) dan gol kedua Kuzmanovski (77’). Skor 5-0 makin menyulitkan langkah Negeri Gajah Putih untuk membalikkan keadaan. Setelah masuk tambahan waktu, Thailand baru bisa mencetak gol hiburan melalui kaki Jakkit Wakkpirom. Kedudukan 5-1 di akhir laga membawa Australia menjuarai Piala AFF U-19 sekaligus menyamai total perolehan gelar juara Thailand di turnamen ini yaitu sebanyak empat kali.

Pelatih Australia, Ufuk Talay mengaku di laga final memang sengaja mengubah komposisi pemain dan taktik. Menurut Ufuk, permainan anak asuhnya kali ini dikondisikan untuk bermain melebar agar menciptakan ruang di sektor tengah. Dari lubang itulah kemudian para pemain bisa mengkreasi peluang-peluang matang.

"Kami senang datang ke turnamen ini di mana dalam dua pekan kami mendapatkan tujuh pertandingan berkualitas yang menjadi bekal untuk menuju Bahrain," ujarnya dikutip dari aseanfootball.org.

Australia, bersama Thailand dan Vietnam, memang sudah harus mempersiapkan diri menghadapi ajang Piala AFC U-19 di Bahrain pada pertengahan Oktober mendatang. (Muhammad Hafizhuddin)
Bagikan: