Pikiran Rakyat
USD Jual 14.185,00 Beli 13.885,00 | Umumnya berawan, 20.2 ° C

Indonesia Kalahkan Kamboja di Laga Pamungkas AFF U-19

HANOI, (PR).- Indonesia menutup laga terakhir di Piala AFF U-19 dengan mengandaskan Kamboja 4-3 di Vietnam Youth Training Center, Hanoi, Selasa 20 September 2016. Sama seperti laga sebelum-sebelumnya, Garuda Muda bermain terbuka mengandalkan kecepatan.

Menit ke-7, Kamboja unggul lebih dulu melalui In Sodavid. Tendangan bebasnya melengkung melewati pagar hidup dan tak mampu diantisipasi penjaga gawang Indonesia, Awan Setho.

Muhammad Rafli yang diturunkan sejak menit awal, beberapa kali mengancam gawang Kamboja, dibantu akselerasi Saddil Ramdani dan Pandi Lestaluhu. Hasilnya menit ke-30 Rafli sukses memanfaatkan sepak pojok Pandi menjadi gol. Skor sama kuat 1-1.

Tak butuh waktu lama, Indonesia mengubah skor menjadi 2-1. Rafli yang mencuri bola di pertahanan lawan mengirim umpan kepada Saddil yang berada di kotak penalti. Tendangan Saddil menghujam gawang Kamboja. Skor bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, tepatnya menit ke-58, Indonesia memperlebar keunggulan menjadi 3-1 lewat gol kedua Saddil ke gawang yang dijaga Som Sokundara. Meski unggul dua gol, Indonesia tetap bermain terbuka.

Sayang, beberapa kali para pemain kerap melakukan kesalahan mendasar dan tak mampu menjaga tempo permainan. Alhasil pada menit ke-67 Yue Safy memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia untuk mencetak gol. Bahkan Kamboja mampu menyamakan kedudukan di menit ke-73 setelah Jujun melakukan pelanggaran di kotak penalti. Long Phearath berhasil mengeksekusi penalti dengan baik.

Kedudukan seperti akan berakhir imbang karena hingga 90 menit skor masih sama kuat. Namun Saddil muncul sebagai pahlawan dengan gol ketiganya yang ia cetak di perpanjangan waktu. Garuda Muda menang dengan skor 4-3. Kemenangan ini menjadi penutup yang manis meski Indonesia gagal melaju ke semifinal AFF U-19.

Pada pertandingan lain di grup B, Australia menang 2-1 atas Laos dan berhak melaju ke semifinal menemani Thailand yang bermain imbang 1-1 melawan Myanmar. (Muhammad Hafizhuddin)***
Bagikan: