Pikiran Rakyat
USD Jual 14.288,00 Beli 13.988,00 | Cerah, 23.8 ° C

Kalah oleh Australia, Indonesia Tersingkir dari Piala AFF U-19

HANOI, (PR).- Timnas Indonesia kembali gagal meraih poin di Piala AFF U-19. Dalam laga lanjutan penyisihan grup B di Vietnam Youth Training Center, Vietnam, Jumat 16 September 2016, Garuda Muda takluk 1-3 dari Australia dan dipastikan tersingkir meski masih menyisakan satu pertandingan lagi.

Indonesia memang diprediksi akan sulit menghadapi Young Socceroos yang menuai hasil positif pada dua laga awal. Pemain muda Persib, Jujun Saepuloh dipercaya untuk berduet dengan Bagas Adi Nugroho di jantung pertahanan sejak menit awal. Australia sempat sulit memanfaatkan peluang menjadi gol.

Serangan Australia akhirnya membuahkan hasil menit ke-24. Sepakan keras Jayden Prasad dari luar kotak penalti berhasil mengoyak gawang Indonesia yang dijaga Muhammad Riyandi.

Dalam keadaan tertinggal, Indonesia berusaha memaksimalkan peluang sekecil apa pun. Alhasil, menit ke-34, anak asuh Eduard Tjong berhasil menyamakan kedudukan melalui titik putih yang dieksekusi Bagas. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Masuk babak kedua, Australia tidak sedikit pun mengendurkan serangan. Permainan praktis mereka kuasai. Namun upaya Steve Kuzmanovski dan kolega untuk menambah skor selalu kandas.

Pelatih Australia, Ufuk Talay terus menginstruksikan anak asuhnya menyerang melalui berbagai sisi. Pada menit ke-72, John Scott yang lepas dari kawalan mampu mencetak gol untuk membawa Australia unggul.

Mario Shabow menambah keterpurukan Indonesia di menit ke-88 dan skor 1-3 bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan hasil ini, Australia mengukuhkan diri di puncak klasemen grup B dengan 9 poin. Hanya unggul selisih gol dari Thailand yang baru menang 2-1 atas Kamboja. Posisi keduanya belum aman mengingat Myanmar yang masih menyisakan tiga laga menguntit dengan poin tiga. (Muhammad Hafizhuddin)***
Bagikan: