Pikiran Rakyat
USD Jual 13.961,00 Beli 14.059,00 | Umumnya cerah, 32.4 ° C

Mengejutkan, Tim Bola Voli Pasir Jabar Kalahkan Jatim

Miradin Syahbana Rizky
PEBOLAVOLI pasir putra Jabar 1 Egi (kanan), mengembalikan bola saat bertanding dengan tim Bangka Belitung, pada PON XIX 2016 Jabar, di Venue Sport Arcamanik, Kota Bandung, Rabu 14 September 2016.*
PEBOLAVOLI pasir putra Jabar 1 Egi (kanan), mengembalikan bola saat bertanding dengan tim Bangka Belitung, pada PON XIX 2016 Jabar, di Venue Sport Arcamanik, Kota Bandung, Rabu 14 September 2016.*
BANDUNG, (PR).- Tim voli pasir beregu putra Jawa Barat 2 secara mengejutkan mampu menundukkan Jawa Timur 1 yang diperkuat para pemain pelatnas pada pertandingan Grup C di lapangan voli pasir sport center Jabar Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Rabu 14 September 2016. Bahkan, Jabar yang diperkuat Riswanto dan M Arpan ini menang dua set langsung 21-16 serta 22-20 atas Fahriansyah dan M Bostomi.

Kemenangan atas Jatim ini sudah terasa saat Jawa Barat dapat unggul empat angka saat memasuki pertengahan set pertama di mana unggul 14-10. Smash yang dilakukan Riswanto mampu mendarat di area kosong milik Jatim.

Riswanto lagi-lagi membuat Jabar semakin meninggalkan Jatim. Kali ini smashnya mampu membuat Jabar unggul enam angka menjadi 19-13. Dari sinilah terlihat Jatim seperti mulai melepaskan set pertama setelah M Arpan dapat mendaratkan bola di daerah lawan yang membuat skor 20-14, match poin untuk Jabar.

Menjelang set pertama selesai, Jatim sempat memperoleh tambahan dua angka dari Fahriansyah, sebelum akhirnya ditutup dengan skor 21-16. Melalui smashnya Riswanto, membuat dua pemain pelatnas itu harus menyerahkan set pertama.

Di set kedua, pertandingan menjadi lebih menarik karena kedua tim saling kejar mengejar angka. Bahkan, Jatim sempat unggul atas Jabar saat skor 10-8 melalui smash Fahriansyah. Tak lama dari itu Riswanto membuat Jabar mampu mengejar ketertinggalannya menjadi imbang 14-14.

Jabar kemudian kembali unggul 18-17 setelah bola plessing M Arpan. Pertandingan terpaksa harus memasuki babak juice setelah di set kedua ini lagi-lagi bermain imbang 20-20. Namun, setelah itu smash Riswanto mampu menutup pertandingan dengan skor 22-20 untuk Jabar.

Kemenangan perdana Jabar di bola voli pasir itu disambut suka cita oleh pelatih Harsono dan para atlet seusai pertandingan. Menurut Harsono, anak asuhnya mampu menjalankan seluruh intruksi yang diinginkan pelatih.

"Alhamdulillah artinya apa yang kami intruksikan kepada anak-anak bisa dilakukan dengan baik. Ini akan menjadi modal berharga agar anak-anak agar mampu loloa sebagai juara grup pada Grup C," ujarnya.

Menurut dia, sebelum bertanding kedua anak asuhnya ini sempat kalah mental dengan lawan yang merupakan atlet nasional. Namun, Harsono bersyukur anak asuhnya mampu mengatasi hal tersebut.

"Tadi anak-anak sempat kalah memtal larena mereka pemain nasional. Tapi Alhamdulillah telanam itu bisa teratasi. Anak-anak bisa melakukannya dengan baik," ujarnya.

Dia menambahkan, di Grup C ini masih ada dua pertandingan lagi dimana Jabar 2 akan menghadapi DKI 2 dan Kalimantan Timur. Menurut dia, kedua lawan itu sama beratnya sehingga tak ada kata untuk meremehkan lawan.

"Kita mengincar juara grup jadi kita harus selalu waspada. Apalagi semua lawan diperkuat atlet timnas. Kita akan pelajari kelebihan lawan agar kita bisa melihat kelemahannya," tuturnya.

Pada pertandingan lainnya, beregu putra Jabar 1 mampu mengalahkan Bangka Belitung juga dengan 2-0. Sedangkan untuk beregu putri kalahkan Jawa Tengah dengan skor 2-0.***
Bagikan: