Pikiran Rakyat
USD Jual 14.118,00 Beli 14.216,00 | Sebagian cerah, 30 ° C

Hancurkan Rusia 3-0, Wales Lolos ke 16 Besar

Anwar Effendi
TOULOUSE, (PR).- Wales memastikan tiket babak 16-Besar Euro 2016 usai menang telak atas Rusia di Stadium Municipal, Senin 20 Juni 2016.

Anak asuh Chris Coleman tampil agresif sejak kick-off babak pertama. Itu membuat Rusia yang membutuhkan kemenangan untuk menjaga harapan lolos dari Grup B pun tertekan.

Gol pertama mampu diciptakan Wales pada menit ke-11. Memanfaatkan blunder di lini tengah Rusia, Joe Allen mengirim umpan yang dituntaskan dengan baik oleh Aaron Ramsey hingga gagal dibendung oleh penjaga gawang Igor Akinfeev.

Hanya butuh sembilan menit bagi Wales untuk menggandakan skor. Tembakan Gareth Bale membentur pemain Rusia dan mengarah tepat kepada Neil Taylor yang menyambar bola hingga berbuah gol kedua Wales.

Bale melepaskan umpan yang disontek oleh Sam Voakes saat laga berjalan setengah jam. Akan tetapi, upaya tersebut gagal berbuah gol bagi Wales setelah bola mengenai kaki Akinfeev. Tidak lama berselang, Wales melancarkan serangan lagi. Sayang, gawang Rusia selamat berkat penyelamatan gemilan Akinfeev.

Wales menjaga momentum pada babak kedua. Unggul dua gol tidak membuat tim berjuluk The Dragons mengendurkan intensitas serangan.

Dua peluang sekaligus didapatkan oleh Wales. Akinfeev kembali menggagalkan peluang Bale yang memanfaatkan umpan Ramsey, sedangkan sepakan jarak jauh Taylor belum menemui sasaran.
Tendangan spekulasi dilepaskan gelandang Rusia, Denis Glushakov, pada menit ke-63. Akan tetapi, tembakannya belum mengarah ke gawang Wales.

Bale akhirnya turut menyumbangkan gol bagi Wales dua menit berselang. Winger Real Madrid itu dengan jeli menaklukkan Akinfeev setelah menyambut umpan terobosan Ramsey.

Beberapa peluang diciptakan Rusia, masing-masing melalui Sergei Ignashevich, Artem Dzyuba dan Igor Smolnikov. Namun, tidak satu pun yang berhasil mengancam gawang Wales.

Hingga akhir laga, Wales berhasil menjaga keunggulan tiga gol tanpa balas atas Wales. Wales akhirnya lolos ke babak 16-Besar sebagai juara Grup B, sedangkan Rusia tersingkir usai menempati posisi buncit demikian dilaporkan Goal.***
Bagikan: