Pikiran Rakyat
USD Jual 14.014,00 Beli 14.112,00 | Langit cerah, 18.3 ° C

Wasit Softball dan Baseball Jabar Berpotensi Mendominasi PON

Handri Handriansyah
BANDUNG, (PRLM).- Komisi wasit (Umpire) Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Jawa Barat akan mengikutsertakan hampir seluruh anggotanya dalam penataran nasional yang diselenggarakan PB Perbasasi April atau Mei 2016 nanti. Ajang itu diharapkan bisa meningkatkan kapasitas wasit Jawa Barat yang kini masih bergrade B, menjadi grade A dan bisa menjadi wasit dalam pertandingan PON XIX September mendatang.

Umpire in Chief Perbasasi Jawa Barat Taufik Winardi mengatakan, Jawa Barat saat ini menjadi daerah yang memiliki wasit terbanyak untuk Softball. "Daerah lain seperti Jawa Timur juga banyak, tapi tak sebanyak Jawa Barat. DKI Jakarta lebih banyak wasit baseball, sedangkan wasit softball-nya sedikit," ujarnya di Sekretariat Perbasasi Jawa Barat, Jln Lodaya Kota Bandung, Jumat (26/2/2016).

Menurut Taufik, saat ini Jawa Barat memiliki lima wasit softball dan baseball bersertifikat internasional. Selain itu ada delapan wasit Jawa Barat lain yang memegang Grade A Nasional.

Wasit internasional dan Grade A Nasional, kata Taufik, sudah dipastikan masuk dalan daftar wasit yang akan memimpin pertandingan pada PON XIX nanti. Sementara wasit Grade B baru akan mengisi kekosongan kuota yang tersisa melalui seleksi.

Di Jawa Barat, Taufik melansir ada sekitar 20 wasit Grade B yang sebenarnya sudah sering memimpin pertandingan tingkat nasional. Namun mereka tetap harus bersaing dengan wasit dari daerah lain dengan grade yang sama.

Oleh karena itu, Taufik berencana mengikutsertakan wasit Jawa Barat yang bergrade B dalam penataran nasional nanti. "Sebenarnya mereka sudah layak memimpin pertandingan PON, namun masih Grade B karena sudah sekitar empat tahun belum ada penataran nasional lagi. Lewat Penataran kali ini, mereka bisa naik menjadi Grade A, sehingga bisa masuk langsung ke PON," ujarnya.

Menurut Taufik, PON XIX sendiri nantinya akan membutuhkan 16 wasit untuk softball putri, 16 untuk softball putra, dan 13 untuk baseball. Ia berharap penataran tersebut bisa semakin menambah deretan wasit asal Jawa Barat mengisi kuota PON tersebut. (Handri Handriansyah/A-88)***
Bagikan: