Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sebagian berawan, 20.1 ° C

Zenit Saint Petersburg Lolos ke Babak Gugur

Anwar Effendi
SAINT PETERSBURG, (PRLM).- Zenit Saint-Petersburg memastikan diri lolos ke babak gugur Liga Champions sebagai pemuncak Grup H berkat keunggulan dua gol tanpa balas saat menjamu Valencia, Selasa (24/11/2015) malam.

Gol-gol dari Oleg Shatov dan Artem Dzyuba di masing-masing babak mempertahankan rekor sempurna klub jawara Liga Primer Rusia itu, dan koleksi 15 poin Zenit dalam lima laga mustahil dikejar tiga klub lainnya di grup.

Bagi Valencia, kekalahan ini membuat posisi mereka rawan walau masih duduk di peringkat kedua. Los Che cuma berjarak dua poin dari Gent, yang akan bertamu ke Olympique Lyon sehabis laga ini.

Zenit, yang membungkam Valencia 3-2 di Mestalla pada pertemuan pertama, tancap gas sejak awal pertandingan dan segera memecahkan kebuntuan saat waktu baru berjalan seperempat jam.

Memotong ke dalam dari sisi kiri, Hulk memberikan bola kepada Dzyuba, yang lantas mengalirkannya ke arah Shatov. Nama terakhir tak membuang kesempatan emas untuk menjebol gawang Jaume Domenech.

Tim besutan Andre Villas-Boas tampil semakin nyaman dan terus memegang dominasi permainan, sementara Valencia gagal menyajikan reaksi positif buat mengejar ketertinggalan.

Tak heran, meski harus menunggu agak lama, Zenit bisa menambah keunggulan melalui proses serangan rapi yang diakhiri sontekan simpel Dzyuba (74') melahap assist sang kapten, Danny.

Perlawanan Valencia dipastikan tamat setelah mereka kehilangan Rúben Vezo yang dikartu merah langsung akibat pelanggaran profesional terhadap Shatov.(goal.com/A-147)***
Bagikan: