Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 27.9 ° C

Zenit St Petersburg Lolos ke Babak 16 Besar

Anwar Effendi
LYON, (PRLM).- Zenit St Petersburg memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions usai meraih kemenangan 2-0 sekaligus mengakhiri kisah Olympique Lyonnais di kompetisi antarklub paling elit Eropa.

Tuan rumah langsung mendapat tekanan dari tim tamu sejak menit pertama. Satu tembakan Danny berhasil dimentahkan Samuel Umtiti persis di depan gawang setelah Anthony Lopes keliru mengantisipasi umpan silang Domenico Criscito.

Sergi Darder sempat melepaskan tendangan melengkung untuk tuan rumah namun bola dengan jitu dijinakkan Yuri Lodyin.

Sebelum genap 30 menit laga berjalan, Zenit membuka gol kemenangan. Hulk bergerak menerobos pertahanan Lyon dan mengoper bola untuk dilesakkan striker Rusia Artyom Dzyuba.

Sebelum masa rehat pasukan Hubert Fournier mencoba memberi respon positif dan kerja keras mereka nyaris berhasil andai tembakan Henri Bedimo tidak menghantam mistar gawang.

Harapan Lyon bangkit dari ketertinggalan menguap di awal babak kedua saat Dzyuba mengecoh Lopes yang keluar dari sarangnya untuk menggandakan keunggulan Zenit.

Situasi Lyon semakin buruk saat Maxime Gonalos mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Danny. Akan tetapi Zenit juga harus mengakhiri laga dengan sepuluh orang karena Alexander Anyukov diusir wasit setelah menghadang Maxwel Cornet.

Jelang bubaran Lyon sempat menggetarkan jala gawang Zenit melalui Mapou Yanga-Mbiwa namun gol dianulir karena off-side.(goal.com/A-147)***
Bagikan: