Ada Ribuan Dokter Mitra BPJS Kesehatan yang Dapat Dimanfaatkan guna Penuhi SDM Vaksinasi Covid-19

- 21 November 2020, 19:23 WIB
Prof Dr dr Syamsul Arifin MPd. /ANTARA/Firman

PIKIRAN RAKYAT - Ada ribuan dokter praktik pribadi mitra BPJS Kesehatan yang bisa diberdayakan untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam vaksinasi Covid-19.

Dengan memanfaatkan tenaga ribuan dokter tersebut, maka diyakini persiapan, pelaksanaan dan evaluasi program vaksinasi yang dilakukan secara massal bakal lebih mudah.

Apalagi kegiatan vaksinasi di Indonesia itu sangat besar sehingga memerlukan banyak SDM.

Baca Juga: Siap Jadi Ibu dari 4 Anak, Kalina Ocktaranny: Mungkin Ini akan Jadi Babak Baru dalam Hidup Gue

Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Prof Dr dr Syamsul Arifin MPd mengatakan pemerintah bisa memberdayakan dokter praktik pribadi mitra BPJS Kesehatan untuk memenuhi kebutuhan SDM dalam vaksinasi Covid-19.

"Dengan memberdayakan dokter praktik pribadi mitra BPJS akan memudahkan dalam persiapan, pelaksanaan dan evaluasi program vaksinasi yang dilakukan secara massal," kata Syamsul Arifin di Banjarmasin, Sabtu 21 November 2020.

Data BPJS Kesehatan tahun 2019 diketahui bahwa dokter praktik pribadi mitra BPJS Kesehatan cukup banyak yaitu tercatat 5.326 orang.

Baca Juga: Bio Farma Produksi Puluhan Ribu Vaksin sejak 130 Tahun Lalu, 250 Juta Dosis Targetnya untuk Covid-19

Menurut Syamsul, mereka sudah mengetahui riwayat penyakit melalui rekam medik pasiennya dan dapat melakukan promosi, sosialisasi tentang vaksinasi Covid-19 lebih awal dan efektif.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X