Dengan Negara Manapun, Indonesia Buka Peluang Kerjasama untuk Vaksin Covid-19 Asalkan Sudah Teruji

- 17 November 2020, 19:40 WIB
Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito. (HO/BNPB)
Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito. (HO/BNPB) /ANTARA/HO/BNPB

PIKIRAN RAKYAT - Kehadiran vaksin dinilai akan sangat membantu dalam mengakhiri pandemi Covid-19.

Tak heran jika sejumlah negara berlomba-lomba melakukan penelitian untuk menemukan vaksin paling ampuh guna mengalahkan Covid-19.

Indonesia sendiri membuka peluang kerjasama berbagai negara guna menghasilkan vaksin yang mumpuni, aman, efektif dalam menuntaskan pandemi.

Baca Juga: Menangis Diprotes Anak karena Bawakan Acara Gosip, Iis Dahlia: Kita Bukan Orang Kaya, Punya Cicilan

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara, pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyatakan akan terbuka untuk menyediakan vaksin Covid-19 dari perusahaan manapun, asalkan sudah teruji secara saintifik dan melewati seluruh prosedur dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Intinya pemerintah terbuka dengan kandidat vaksin manapun, tanpa lengah dalam memutuskan untuk melakukan kerja sama, karena penetapan kandidat vaksin ini harus melalui proses pengawalan oleh BPOM dan dikaji dengan dasar-dasar saintifik,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat telekonferensi pers di Jakarta, Selasa.

Wiku mengatakan vaksin yang nantinya digunakan oleh pemerintah Indonesia dipastikan sudah lolos dari uji klinis tahap satu, dua dan tiga, serta memperoleh otorisasi penggunaan darurat dari BPOM.

Baca Juga: Demi Pakai Baju Bermerek, Kakak Adik Perempuan Lakukan Penipuan Sejak 2012

Selain itu, vaksin yang nantinya dipilih juga akan dipastikan sesuai dengan karakteristik masyarakat dan cocok dengan kondisi sarana dan prasarana di Tanah Air.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X