Akui Tak Khawatir KAMI Diduga Jadi Oposisi, Mahfud MD: yang Dipimpin Pak Gatot Itu Bukan Apa-apa

- 21 Oktober 2020, 16:25 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. /Instagram.com/mohmahfudmd

PIKIRAN RAKYAT - Pancasila merupakan pilar negara Republik Indonesia yang dipegang teguh sejak dulu dan masih diterapkan hingga saat ini.

Meski kerap menjadi pijakan dalam mengambil segala macam tindakan, Menteri (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD megatakan bahwa hampir semua pemimpin di Tanah Air mendapat tuduhan bahwa mereka tidak mengamalkan Pancasila.

Pernyataannya disampaikan pula dalam akun Indonesia Lawyers Club yang diunggah pada Selasa, 20 Oktober 2020 seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com.

Baca Juga: Bicara Peluang Ahok Jadi Presiden, Pengamat: Gaya Kepemimpinan Ahok Sulit Diterima

Bahkan Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno pun dituduh tidak menerapkan nilai-nilai Pancasila seperti yang seharusnya.

"Saya katakan tidak ada satu pemerintah pun di Indonesia itu yang tidak dituduh tidak mengerti Pancasila. Bung Karno itu jatuh karena tidak mengerti Pancasila padahal beliau yang ngerti Pancasila," ujarnya.

Saat itu Soekarno alias Bung Karno dituduh seorang liberalis usai membuat Undang-Undang Agraria pada masa pemerintahannya.

Baca Juga: Mengadu ke Bupati Majalengka, 1.000 Buruh Masih Dirumahkan Mohon Tetap Dapat Upah

"Sudah itu Pak Harto jatuh karena dituduh melanggar Pancasila. Mana ada coba, enggak ada. Habibie wah ini hebat katanya Pak Habibie, didemo selama pemerintahannya lalu dituduh tidak mengamankan Indonesia karena melepas Timor Timur. Dibilang anti NKRI, merusak Pancasila," tambahnya.

Halaman:

Editor: Farida Al-Qodariah


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X