Profil Ketua YLBHI Asfinawati, Sosok yang Disebut Sempat Pancing Amarah Menkominfo Soal UU Ciptaker

- 21 Oktober 2020, 10:36 WIB
Ketua Umum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Asfinawati./ANTARA/Zuhdiar Laeis /

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) periode 2017-2021, Asfinawati tengah menjadi perbincangan hangat sejak danya pengesahan UU Cipta Kerja/Omnibus Law.

Asfinawafi lahir di Bitung, 26 November 1976. Ia merupakan perempuan yang pandai bermain piano dan sempat menjadi guru les piano, namun akhirnya berubah haluan menjadi pengacara publik dan konsisten dengan perjuangannya.

Dilansir dari Tokohinspiratif.id, Asfinawati merupakan seorang pejuang dan advokat hak asasi manusia yang konsisten memperjuangkan hak-hak kaum minoritas yang tertindas dan para pencari keadilan.

Baca Juga: Cara Mudah Menghubungkan HP ke Televisi

Asfin yang berjuang untuk hak kaum marginal didasari kegemarannya yang senang membaca buku-buku kisah perjuangan para pembela keadilan yang ditekuni sejak belia bersama keempat saudaranya.

Itu menjadi salah satu faktor Asfin memilih kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Perempuan yang akrab disapa Asfin ini akhirnya berhasil lulus pendidikan hukum di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) dan bergabung dengan LBH Jakarta di tahun 1999.

Baca Juga: Sekarang KPK sudah Menjadi Biasa Saja

Sebagaimana diberitakan PortalJember.com dalam artikel, "Profil Asfinawati Ketua YLBHI yang Tak Gentar Bongkar Kejanggalan UU Cipta Kerja", pada tahun 2000, ia menjadi pengacara publik di LBH Jakarta dan berkontribusi untuk memberi pembelaan pada kelompok minoritas di Indonesia.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Portal Jember


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X