Waspada! BMKG Tetapkan 3 Wilayah Berstatus Siaga Bencana Hidrometeorologi

- 18 Oktober 2020, 20:32 WIB
Ilustrasi angin puting beliung.*DOK. PR /null

PIKIRAN RAKYAT - Tiga wilayah diperingati Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati untuk tetap waspada.

Hal itu terkait adaya potensi bahaya hidrometeorologi seperti hujan lebat.

Tak hanya itu, peringatan bencana dini seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang bisa saja sewaktu-waktu terjadi.

Baca Juga: Analisis Hubungan Fadli Zon dengan Prabowo, Bamsoet Ungkap Kondisi Sesungguhnya

Ada pun ketiga provinsi tersebut yakni Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung.

Sebagaimana diberitakan Pikiranrakyat-Cirebon.com dalam artikel "Intensitas Curah Hujan Tinggi Selama Oktober, Tiga Daerah Indonesia Patut Waspada Efek La Nina", Raditya mengimbau siapa saja yang harus meningkatkan kesiapsiagaan.

"BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang," kata Raditya dalam keterangan tertulisnya, Minggu 18 Oktober 2020.

Baca Juga: Kunjungan Prabowo Subianto ke AS Tuai Kecaman Kelompok HAM, Pejabat Pentagon Justru Beri Pujian

Berdasarkan informasi potensi dampak hujan lebat, lanjutnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, tiga provinsi tersebut dengan status siaga. Prakiraan tersebut berlaku pada analisis cuaca pada 18 Oktober 2020, pukul 08.00 WIB, sampai dengan 19 Oktober 2020, pukul 07.00 WIB.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Pikiran Rakyat Cirebon


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X